get app
inews
Aa Read Next : BRILink: Akses Perbankan di Tengah Kampung, Bisa Datang Sarungan atau Dasteran

OJK Garap Serius BPR di Jateng dan DIY, Suntikan Modal Perlu Diperkuat

Jum'at, 02 Juni 2023 | 11:33 WIB
header img
OJK Garap Serius BPR di Jateng dan DIY, Suntikan Modal Perlu Diperkuat (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id OJK garap serius BPR di Jateng dan DIY agar semakin berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. Di antaranya terus mendorong percepatan transformasi dengan penguatan permodalan dan konsolidasi.

Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY (OJK KR 3) memberi perhatian besar kepada Bank Perekonomian Rakyat/Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPR/BPRS) di Jawa Tengah dan DIY. Lembaga itu didorong kian berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Forum PSP BPR, BPRS yang dikukuhkan sejak 27 Februari 2020 ini merupakan Forum PSP pertama yang dibentuk di Indonesia,” kata Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Sumarjono, pada acara Forum Pemegang Saham Pengendali (PSP) dan talkshow “Peluang dan Tantangan Industri BPR/BPRS Pasca-Pengesahan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK)” di Semarang, Selasa (30/5/2023).

Kegiatan itu dihadiri 270 orang PSP BPR/BPRS di seluruh Jawa Tengah dan DIY. Tampak pula di antara undangan adalah Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono.  

“Pembentukan Forum ini bertujuan sebagai wadah sharing kondisi BPR, isu terkini, serta media peningkatan ketahanan permodalan BPR/BPRS, khususnya dalam rangka mendukung transformasi BPR,” lanjut dia.

Singkatan BPR Diubah

Sumarjono menyampaikan, UU P2SK telah membuka ruang bagi BPR/BPRS untuk bertransformasi lebih cepat. Sehingga memungkinkan untuk melakukan kegiatan usaha hampir seperti Bank Umum, antara lain dapat ikut serta dalam lalu lintas pembayaran, IPO, merger lintas provinsi dan sejumlah peluang bisnis lainnya.

UU P2SK juga telah mengubah singkatan BPR dari sebelumnya Bank Perkreditan Rakyat menjadi Bank Perekonomian Rakyat

Ketua Forum PSP Jawa Tengah dan DIY, Kristian Hardianto, dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya untuk melaksanakan pertemuan maupun audiensi dengan para PSP secara bergantian ke depannya.

Selanjutnya sesi talkshow menghadirkan narasumber Direktur Pengawasan OJK KR 3 Heru Prasetio, Direktur Departemen Pemeriksaan Khusus dan Pengawasan Perbankan Daerah OJK Dani Surya serta PSP BPR Modern Express Sonny Waplau.

PSP BPR Modern Express, Sonny Waplau, memberikan sharing tentang kisah sukses penggabungan BPR lintas provinsi.

“Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para PSP untuk mengembangkan BPR/BPRS-nya sehingga semakin kuat dan kompetitif, serta dapat bertransformasi lebih cepat guna menunjang peningkatan perekonomian daerah,” kata Sonny.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut