get app
inews
Aa Read Next : Rektor Undip Prof Yos Bicara Ibadah di Bidang Ilmiah

Lubang Misterius Gegerkan Kulonprogo, Terkait Sinkhole?

Minggu, 06 Agustus 2023 | 06:49 WIB
header img
Lubang Misterius Gegerkan Kulonprogo, Terkait Sinkhole? (Foto: Budi Utomo)

KULONPROGO iNewsJoglosemar.id - Lubang misterius gegerkan Kulonprogo karena juga disertai rekahan tanah di sekitarnya. Tim geologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tengah meneliti lubang tersebut.

Lubang misterius itu tiba-tiba muncul di Dusun Popohan, Kelurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta. Kemunculan lubang misterius menggegerkan warga sekitar karena dinilai berbahaya.

Salah satu lokasi rekahan ada di Dusun Klepu. Dusun ini berada di area perbukitan yang tidak jauh dari Dusun Popohan tempat sinkhole ditemukan. Selain itu, tim UGM menemukan adanya rekahan tanah di sekitar rumah warga di Dusun Popohan.

Saat kini rekahan-rekahan tersebut masih dalam proses penelitian untuk mencari tahu ada kaitannya dengan kemunculan sinkhole atau tidak.

"Dalam penelitian lubang kami menggunakan alat georadar atau radar penembus tanah berfungsi untuk mendeteksi sinyal yang direfleksikan dari struktur bawah permukaan," ujar ahli geologi UGM Wahyu Wilopo di lokasi, Sabtu (5/8/2023).

Deteksi tersebut, kata dia untuk mengidentifikasi kondisi bawah permukaan seperti apa. Sehingga, lanjut dia akan dicoba membuat profil-profil di bawah permukaan berdasarkan atas hasil dari data geofisika ini.

Dia menyampaikan, fenomena sinkhole atau lubang misterius di Kulonprogo merupakan peristiwa yang tidak wajar karena sinkhole tersebut muncul di struktur batuan yang tidak mudah larut. 

"Pada umumnya sinkhole akan muncul di lahan batuan yang mudah larut seperti jenis batuan gamping yang jamak ditemui di Kabupaten Gunungkidul," ucapnya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut