get app
inews
Aa Read Next : Sambut Arus Mudik, Pertamina Patra Niaga Uji Tera SPBU di Jawa Tengah

Seru! Pelajar SMK Binaan Pertamina Adu Gagasan Jadi Pengusaha Muda

Jum'at, 24 November 2023 | 14:06 WIB
header img
Seru! Pelajar SMK Binaan Pertamina Adu Gagasan Jadi Pengusaha Muda (Foto: Taufik Budi)

CILACAP, iNewsJoglosemar.id - Para pelajar SMK binaan Pertamina beradu gagasan dan kreativitas untuk menjadi pengusaha muda. Kontes ini mengundang 10 SMK dari DIY dan Jawa Tengah untuk berpartisipasi, menciptakan panggung adu gagasan dan keterampilan memperbaiki sepeda motor.

Seperti disampaikan Prita pelajar SMK Tamtama 2 Sidareja Cilacap. Pelajar kelas 2 itu dengan penuh semangat menyampaikan memiliki inovasi yang berbeda dari sekolah lain. Dia bersama teman-temannya menyambangi para petani di daerah pegunungan.

"Jadi strategi kita untuk memasarkan oli yaitu berpetualang, yakni Tamada Service on The Road," kata Prita mengawali presentasinya di hadapan dewan juri Enduro Skill Contest di SMKN 2 Cilacap, Kamis (23/11/2023).

"Kita ke desa-desa terpencil yang memang tidak ada bengkel di daerah lokasi tersebut. Kenapa kita memilih petani karena petani itu kan pulangnya sore, sehingga tidak memiliki waktu untuk pergi ke bengkel yang jauh dari rumah mereka. Selain itu juga tidak ingin mengurangi pemasukan bengkel-bengkel di daerah perkotaan," lanjutnya bersemangat.

Strategi lain disampaikan pelajar SMK Harapan Mulya Kendal. Dia memilih pasar dari kalangan internal pelajar di sekolah yang jumlahnya ribuan orang. Selain itu, guru-guru dan tenaga administrasi juga menjadi bagian pasar potensial.

"Untuk pasar kita kita pernah kesulitan karena kita telah memiliki pelanggan tetap yakni seluruh siswa di sekolah. Termasuk guru-guru juga menjadi pasar kami," lugas pelajar pria itu.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut