get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Apakah Boleh Menjawab Besar Gaji saat Wawancara Lamaran Kerja?

Minggu, 26 November 2023 | 19:41 WIB
header img
Apakah Boleh Menjawab Besar Gaji saat Wawancara Lamaran Kerja? (Shutterstock)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Salah satu momen krusial dalam wawancara lamaran kerja adalah ketika HRD mengajukan pertanyaan seputar gaji yang diharapkan. Meskipun seringkali menjadi pertanyaan yang menantang, tetapi apakah sebaiknya kita menjawab secara langsung mengenai besar gaji yang diharapkan?

Menurut para ahli sumber daya manusia (SDM), menjawab pertanyaan ini secara langsung bisa memberikan keuntungan dan kerugian tersendiri. Di satu sisi, memberikan rentang gaji yang diharapkan dapat menunjukkan transparansi dan membuka pintu diskusi yang lebih terbuka. Di sisi lain, menjawab terlalu awal bisa menjadi risiko, terutama jika perusahaan memiliki anggaran gaji yang berbeda dari ekspektasi Anda.

Beberapa tips yang dapat dipertimbangkan saat menjawab pertanyaan tentang besar gaji:

1. Lakukan Riset Gaji

Sebelum wawancara, lakukan riset mengenai rentang gaji untuk posisi yang Anda lamar di industri dan lokasi yang sama. Ini memberikan dasar yang kuat saat menjawab pertanyaan seputar gaji.

2. Berikan Rentang Gaji

Jika memungkinkan, berikan rentang gaji yang fleksibel yang mencerminkan nilai Anda. Hindari memberikan angka yang terlalu spesifik untuk memberikan ruang bagi negosiasi.

3. Tanyakan tentang Paket Kompensasi

Gunakan kesempatan ini untuk bertanya tentang paket kompensasi yang ditawarkan perusahaan, termasuk tunjangan, bonus, dan benefit lainnya. Ini memberikan gambaran lebih lengkap mengenai nilai total.

4. Tekankan Nilai dan Kualifikasi

Sebelum membahas gaji, tekankan nilai dan kualifikasi Anda yang dapat membantu perusahaan. Hal ini dapat membujuk HRD bahwa Anda fokus pada kontribusi positif yang dapat Anda bawa ke perusahaan.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut