get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Awas! Berikut Pertanyaan Jebakan HRD saat Wawancara Lamaran Kerja

Minggu, 26 November 2023 | 18:55 WIB
header img
Awas! Berikut Pertanyaan Jebakan HRD saat Wawancara Lamaran Kerja (Cardinalcomm)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Wawancara lamaran kerja seringkali menjadi ujian paling menantang bagi para pelamar. Selain pertanyaan umum, beberapa perusahaan sering menggunakan pertanyaan jebakan yang diajukan Human Resources Development (HRD), untuk menguji kreativitas dan kemampuan berpikir cepat.

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan jebakan yang perlu diwaspadai:

1. Berikan Saya Contoh Kelemahan Anda yang Sebenarnya

Pertanyaan ini dirancang untuk menguji sejauh mana Anda dapat menjawab dengan jujur, sambil tetap memperlihatkan diri Anda dari sisi yang positif. Hindari jawaban umum seperti "Saya terlalu perfeksionis" dan berikan contoh konkret serta tindakan yang Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

2. Jika Anda Sebuah Benda Mati, Apa yang Anda Pilih Menjadi?

Pertanyaan semacam ini cenderung menguji kreativitas dan kemampuan berpikir lateral Anda. Meskipun terdengar aneh, berikan jawaban yang terkait dengan keahlian atau karakteristik relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

3. Beri Saya Alasan Mengapa Saya Tidak Boleh Menerima Anda untuk Posisi Ini

Pertanyaan ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi tujuannya adalah untuk melihat seberapa baik Anda memahami kelemahan Anda dan seberapa siap Anda untuk beradaptasi. Jawab dengan bijak, sambil menekankan Anda berencana untuk mengatasi atau memperbaiki kekurangan tersebut.

4. Bagaimana Anda Menanggapi Kritik?

Pertanyaan ini mengevaluasi kemampuan Anda untuk menerima masukan konstruktif dan Anda belajar dari pengalaman. Hindari menjawab dengan sikap defensif, dan tunjukkan bahwa Anda dapat menanggapi kritik dengan positif untuk meningkatkan diri.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut