get app
inews
Aa Read Next : Resep Politik Tidak Baperan! BHB 6 Periode Jadi Anggota DPRD Jateng

Wakil Rakyat Bawa Wayang Gatotkaca ke Sekolah, Ajak Pelajar Melek Politik

Kamis, 30 November 2023 | 08:04 WIB
header img
Wakil Rakyat Bawa Wayang Gatotkaca ke Sekolah, Ajak Pelajar Melek Politik (Ist)

BANJARNEGARA, iNewsJoglosemar.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, memiliki cara unik untuk mengajak pelajar melek politik. Dia membawa wayang Gatotkaca ke sekolah dan menyampaikan kisah kesatria berjuluk otot kawat balung wesi tersebut.

Kegiatan bernama “Wakil Rakyat Mengajar (WRM)” itu berlangsung SMA Negeri 1 Bawang, Kabupaten Banjarnegara, belum lama ini. Tema yang diusung adalah “Generasi Muda, Politik, & Budaya,” menekankan pentingnya generasi muda dalam kehidupan politik serta pelestarian budaya.

"Kita tahu bahwa Gatotkaca ini tokoh pewayangan yang merepresentasikan anak-anak muda. Sejak lahirnya hingga dimasukkan ke kawah Candradimuka, hingga kemudian muncul menjadi ksatria sakti mandraguna,” kata Ferry ditemui di ruang kerjanya.

“Begitu pula anak muda, para pelajar, kini juga sedang dalam masa persemaian di sekolah-sekolah. Sehingga pendidikan politik dan pemahaman budaya lokal perlu terus ditekankan kepada mereka,” lanjut pria murah senyum itu.

Dalam kegiatan itu, selain ditampilkan pertunjukan wayang juga juga berisi beragam hiburan budaya. Sinden tak hanya menembang mengiringi kisah pewayangan tetapi juga turut menghibur ratusan pelajar.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut