get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Bersama Santriwati Ngaji Jurnalistik Sambut Ramadan

Sabtu, 24 Februari 2024 | 21:14 WIB
header img
Bersama Santriwati Ngaji Jurnalistik Sambut Ramadan (Ist)

Mobile Journalism

Dengan narasumber utama M Taufik Budi Nurcahyanto, seorang jurnalis berpengalaman dari MNC, para peserta mendapatkan wawasan tentang perkembangan jurnalistik masa kini. Taufik Budi membahas beragam topik, termasuk peran media online yang semakin dominan dalam menyebarkan informasi di tengah masyarakat modern saat ini.

“Hanya dengan gadget (ponsel pintar) ini, orang bisa mendapatkan banyak informasi. Nah informasi itu banyak yang positif, tapi tak sedikit pula yang negatif atau hoaks yang menyesatkan. Inilah pentingnya kita untuk membuat berita yang benar dan berimbang,” ujar Taufik Budi.

Dia menambahkan, handphone bukan lagi sekadar untuk mengonsumsi informasi, tetapi juga digunakan memproduksi berita. Bentuknya yang simpel dan memiliki beragam fasilitas, ponsel pintar bisa diandalkan untuk membuatkan berita baik teks, audio, foto, maupun video.

“Istilahnya Mobile Journalism, memproduksi berita dengan memanfaatkan smartphone. Wartawan pun banyak yang pakai HP untuk liputan termasuk liputan TV, karena kualitas kameranya sudah sangat mumpuni, meski harganya relatif terjangkau,” beber dia.

“Setelah ambil gambar, langsung edit, dan mengetik beritanya juga di HP itu. Termasuk mengirim berita ke redaksi atau mengunggah ke medsos juga langsung dari HP,” imbuhnya.

Para peserta terlihat antusias mengikuti penjelasan Taufik Budi tentang teknik-teknik jurnalistik modern, seperti penulisan berita online, pemanfaatan media sosial, dan strategi memerangi hoaks. Mereka diberi kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada narasumber untuk memperdalam pemahaman mereka tentang dunia jurnalistik.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut