get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Rektor Undip ke Guru PAUD, Huruf dan Angka Jadi Pahala yang Mengalir

Rabu, 06 Maret 2024 | 18:15 WIB
header img
Rektor Undip ke Guru PAUD, Huruf dan Angka Jadi Pahala yang Mengalir (Ist)

Pada kegiatan ini, LPPM Undip mengundang dua narasumber yaitu Dr. Eko Setiawan, S.Pd.I., M.Pd. dari Universitas Islam Malang dan Dr. Ika Febrian, S.Psi., M.Psi., Psikolog. dari Fakultas Psikologi Undip. Mereka melatih para peserta seminar dalam program pengembangan diri dan pendidikan PAUD.

Menjadi narasumber pertama, Dr. Eko Setiawan, S.Pd.I., M.Pd. menjelaskan materi “Penguatan Karakter bagi Guru PAUD sesuai Nilai-nilai P5”. Guru PAUD haruslah berkarakter, menyenangkan, dan komunikatif dengan sikap “peace, love, happy, power, pure”. 

“Maka dari itu dalam mengajar membutuhkan komitmen, antara lain tepat waktu, no HP dan no ngobrol, belajar aktif, belajar sepenuh hati, dan progresif,” pesannya.

Selanjutnya, Dr. Ika Febrian, S.Psi., M.Psi., Psikolog. berdiskusi tentang “Pembelajaran Menyenangkan & Bermakna di PAUD”. Anak-anak usia dini 0-8 tahun berada di fase bermain. Untuk itu, ia memberikan tips dalam mengajar juga bermain bersama anak PAUD harus memiliki karakteristik bermain yang menyenangkan, memiliki motivasi intrinsik, fleksibel dalam aturan, komunikatif, berorientasi pada proses, dan bermakna.

Ketua Forum Pos PAUD Kecamatan Tembalang, Rihar Diana, S.Pd. mewakili guru PAUD mengungkapkan kebahagiaan dan rasa terima kasih atas kesempatan mengikuti acara ini. “Semoga kita semua terus semangat menjadi guru yang berkarakter untuk menjadikan anak didik yang berkarakter baik,” katanya. 
 

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut