get app
inews
Aa Read Next : Jelang May Day, Kapolda Jateng Temui Ratusan Buruh di Hotel

Resep Politik Tidak Baperan! BHB 6 Periode Jadi Anggota DPRD Jateng

Sabtu, 20 April 2024 | 19:00 WIB
header img
Resep Politik Tidak Baperan! BHB 6 Periode Jadi Anggota DPRD Jateng (Ist)

 

BANYUMAS, iNewsJoglosemar.id – Lima periode menjadi wakil rakyat di DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bambang Hariyanto Bachrudin (BHB) terpilih kembali dalam Pileg 2024. BHB membagikan resep politik di legislatif yakni tidak baperan.

“Sederhana mas, ada tiga yaitu selalu bersyukur, jauhi rasa kecewa, dan baper. Itu yang konsisten saya pegang dengan kuat,” ujar BHB yang saat ini menduduki kursi Ketua Komisi C DPRD Jateng.

Wakil rakyat yang selalu setia kepada PDI Perjuangan ini mengungkapkan memutuskan terjun di politik sejak 1990-an. Dia sudah memegang komitmen terhadap diri sendiri untuk menjauhkan rasa kecewa serta baper.

“Sebab, politik itu fluktuatif, baik di internal partai ataupun di luarnya. Kalau dalam berpolitik kita cepat baper dan sedikit-sedikit kecewa, maka tidak akan bisa bertahan. Yang juga tidak kalah penting adalah harus selalu bersyukur,” tuturnya.

Lebih lanjut BHB menuturkan, dalam setiap proses politik harus dibarengi dengan edukasi dan rekrutmen kepemimpinan. Supaya bisa menghasilkan rekrutmen kepemimpinan yang berkualitas, maka keduanya harus berjalan beriringan.

Menurutnya, edukasi politik bisa dilakukan dalam berbagai situasi serta berbagai cara. Dia mencontohkan, saat bertemu dengan konstituennya, lebih condong untuk menjelaskan tentang tugas dan fungsi DPRD.

“Sehingga masyarakat memahami, perbedaan antara lembaga legislatif dan eksekutif, di mana DPRD merupakan penyambung rakyat, namun dalam hal kebijakan tidak bisa langsung melakukan eksekusi sebagaimana eksekutif,” jelasnya.

“Jadi pada masa kampanye misalnya, jika ada calon anggota legislatif yang bicara visi-misi, maka perlu dipertanyakan pemahamannya tentang fungsi dewan,” katanya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut