get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Mengenal Gejala Infeksi Jamur pada Organ Intim Vagina dan Cara Pencegahannya

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 08:15 WIB
header img
Mengenal Gejala Infeksi Jamur pada Organ Intim Vagina dan Cara Pencegahannya (Freepik)

SEMARANG, iNewsJoglsoemar.id - Infeksi jamur pada vagina, atau yang dikenal dengan kandidiasis, merupakan masalah kesehatan umum yang dialami oleh banyak wanita. Infeksi ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur Candida albicans, yang normalnya hidup di dalam vagina tanpa menimbulkan masalah.

Gejala utama dari infeksi jamur ini meliputi rasa gatal yang intens di area vagina, keputihan yang berwarna putih dan tebal seperti keju, serta rasa terbakar saat buang air kecil atau berhubungan seksual. Meskipun tidak berbahaya, infeksi ini bisa sangat mengganggu dan memerlukan perawatan yang tepat.

Penyebab utama dari infeksi ini adalah ketidakseimbangan mikroba di dalam vagina. Penggunaan antibiotik yang membunuh bakteri baik, perubahan hormonal seperti yang terjadi selama kehamilan atau menstruasi, serta diabetes dapat meningkatkan risiko infeksi jamur.

Untuk mencegah infeksi jamur, penting untuk menjaga kebersihan area intim tanpa menggunakan produk yang berpotensi mengiritasi, seperti sabun beraroma atau tisu basah berparfum. Selain itu, hindari pakaian yang terlalu ketat dan pilihlah pakaian dalam berbahan katun yang memungkinkan sirkulasi udara dan mencegah kelembapan berlebihan.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut