get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Peningkatan Aktivitas Gunung Merapi, Awan Panas Terus Mengintai

Selasa, 27 Agustus 2024 | 06:20 WIB
header img
Peningkatan Aktivitas Gunung Merapi, Awan Panas Terus Mengintai (Ist)

MAGELANG, iNewsJoglosemar.id - Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitas vulkanik yang mengkhawatirkan dengan status Siaga Level III. Dilansir dari magma.esdm.go.id, laporan terbaru dari Yulianto, pengamat Gunung Merapi, menyebutkan bahwa pada periode pengamatan Selasa (27/8/2024) pukul 00:00 hingga 06:00 WIB, gunung tersebut mengalami setidaknya 14 kali guguran lava yang mengarah ke Kali Bebeng dengan jarak luncur mencapai 1.700 meter.

Meskipun cuaca terlihat cerah hingga mendung, kondisi ini tetap perlu diwaspadai. Suhu udara berkisar antara 14,8 hingga 18°C dengan kelembapan 63-84%, dan angin yang tenang berhembus ke arah barat. Dalam pengamatan kegempaan, terdeteksi 17 kali gempa guguran dengan amplitudo bervariasi, menunjukkan bahwa suplai magma di dalam gunung masih aktif dan terus memicu aktivitas vulkanik yang lebih besar.

Potensi bahaya utama yang dihadapi saat ini adalah guguran lava dan awan panas, terutama di sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Boyong, Bedog, Krasak, hingga Bebeng, dengan jarak potensi bahaya mencapai 7 km. Sektor tenggara, seperti Sungai Woro dan Gendol, juga berada dalam ancaman dengan radius bahaya maksimal 5 km.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut