get app
inews
Aa Read Next : Prajurit TNI Khusyuk Ikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal

Aksi Heroik TNI dan Warga Bangun Masjid Bandung Bondowoso TMMD Reguler ke-113 di Sleman

Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:31 WIB
header img
Prajurit TNI melakukan pembangunan pada program TMMD Reguler ke-113 di Kabupaten Sleman DIY.

TMMD Reguler ke-113 yang digelar di wilayah Korem 072/Pamungkas dilaksanakan di Kodim 0732/Sleman yaitu di Dusun Karangasem, Desa Pandowoharjo, Kabupaten Sleman. Hajatan yang menggambarkan kebersamaan antara TNI/Polri, Pemerintah daerah bersama rakyat ini secara resmi dimulai dengan upacara pembukaan di Pendopo Taman Pandowoharjo, Kapanewon Sleman.

TMMD merupakan program terpadu yang dilakukan oleh seluruh personel TNI semua matra kesatuan dalam rangka membantu pemerintah dalam akselerasi pembangunan ekonomi masyarakat baik fisik maupun nonfisik, pengembangan wilayah teritorial dan pemberdayaan masyarakat yang difokuskan di daerah Pedesaan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tujuan utama dibentuk dan diselenggarakannya program TMMD adalah untuk menyejahterakan masyarakat dan dalam rangka membangun kemanunggalan atau keterpaduan.

BACA JUGA:

Kutuk Marani Sundhuk: Polisi Gadungan Datangi Mapolda Kaltim, Langsung Krek!

Setelah melalui proses panjang berdasarkan skala prioritas, diteliti, dan dipadukan dengan program Pemerintah Daerah maka diputuskan untuk sasaran fisik meliputi corblok jalan sepanjang 1060 m, lebar 3 m dan tebal 15 cm. Disamping itu juga dilakukan pembuatan talud sepanjang 1060 m, lebar 20 cm serta tinggi 1 m. Tidak hanya itu, Satgas TMMD juga membangun Masjid Nurul Iman, rehab 6 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta pembuatan Pos Kamling.

Sementara sasaran nonfisik yang sudah diagendakan mulai 11 Mei hingga 9 Juni 2022, meliputi berbagai penyuluhan, yakni penyuluhan bela negara, pencegahan kejahatan anak di jalan, Keluarga Berencana (KB), pendampingan pemeriksaan mata dan sunatan massal, pelayanan Posyandu, sosialisasi dan penyuluhan bahaya radikalisme dan terorisme, penyuluhan rehabilitasi pengguna narkoba, penyuluhan pencegahan kejahatan jalanan, penyuluhan ketahanan pangan dan usaha tani, donor darah, pelayanan bantuan RTLH dan baksos, pelayanan pemeriksaan mata dan operasi katarak sebanyak 200 orang.

Hal ini menjadi kabar gembira sekaligus membuat warga antusias. Hampir semua warga baik bapak, ibu, bahkan anak- anak berjajar di pinggir jalan dengan bertepuk tangan menyambut kedatangan Satgas TMMD Regular yang akan membangun Desa Pandowoharjo Sleman.

“Ini merupakan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat atas kedatangan anggota Satgas TMMD ke desa kami, seperti mimpi di siang bolong, sungguh kami berterima kasih kepada Bapak-Bapak TNI dan instansi terkait yang peduli terhadap kondisi wilayah kami,”ucap Kepala Dusun Karangasem Bapak Suwardiyono saat dikonfirmasi.

BACA JUGA:

Malam Jahanam Eno Farihah: Diperkosa hingga Tewas dengan Cangkul Tertancap

Seperti halnya pada saat dijumpai oleh Tim Gema Diponegoro Pendam IV/Diponegoro pada saat melaksanakan kunjungan ke wilayah TMMD Kodim 0732/Sleman, terlihat warga sangat bersemangat dalam bergotong royong mengecor jalan guna mempercepat penyelesaiannya.

“Pak leren sik (istirahat dulu),” ucap Wakapendam Letkol Inf Muchlis Gasim.

“Nggih (iya) Pak tentara,” jawab salah satu warga.

“Waktunya istirahat ini Pak, nanti dilanjut lagi lagian ini cuacanya panas terik,” lanjut Wakapendam.

“Matur nuwun (Terima kasih). Nanggung kalau mau berhenti, nanti kalau kebanyakan istirahat malah jadi jalannya tidak selesai selesai. Mangke mboten rampung (nanti tidak selesai) kalau jalannya cepat selesai, kan bisa cepat digunakan.”

“Jalan ini sudah kami impikan dari sejak lama Pak. Berkat bapak-bapak tentara sekalian impian kami terwujud. Jalan ini juga nantinya pasti sangat membantu kami untuk akses ke kota, karena sebelumnya jika mau menjual hasil panen kami sangat kesulitan karena jalannya jelek dan sebelumnya jika mau ke kota menggunakan jalan bagus, kami harus menempuh jarak yang lebih jauh,” ungkap warga.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut