get app
inews
Aa Read Next : Prajurit TNI Khusyuk Ikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal

Aksi Heroik TNI dan Warga Bangun Masjid Bandung Bondowoso TMMD Reguler ke-113 di Sleman

Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:31 WIB
header img
Prajurit TNI melakukan pembangunan pada program TMMD Reguler ke-113 di Kabupaten Sleman DIY.

Kapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Bambang Hermanto mengungkapkan, program ini berupa akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana. TMMD merupakan metode merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan kebangsaan. Selain sebagai pembangunan dan pemberdayaan wilayah, TMMD juga berperan sebagai upaya untuk meningkatkan interaksi, kontribusi dan kebersamaan dengan semua komponen bangsa.

“Lewat program TMMD, seluruh elemen masyarakat bersatu menggelorakan semangat untuk selalu siap berjuang secara kolektif. Bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengimplementasikan dalam wujud pembangunan baik secara fisik maupun nonfisik,” ungkapnya.

Dusun Karangasem, Desa Pandowoharjo, Kabupaten Sleman selama ini terkendala pembangunan infrastruktur jalan. Jalan tersebut merupakan akses strategis untuk usaha tani mengangkut hasil pertanian.

BACA JUGA:

Pemerkosa Mahasiswi Cantik Juga Pernah Gagahi Bocah di Bawah Umur

Jalan ini juga menjadi satu-satunya penghubung antara Dusun Berayut dan Dusun Karangasem. Sehingga berdampak  minimnya  aktivitas perekonomian yang berakibat tersendatnya pemasaran hasil pertanian lokal ke luar daerah sehingga produktivitas dan kesejahteraan masyarakat kurang optimal.

Program TMMD pada dasarnya bersifat take and give. Di dalam proses pembangunan Satgas TMMD regular ke-113 Tahun 2022 Kodim 0732/Sleman melakukan berbagai proses pendekatan sebagai upaya edukatif untuk merubah pemahaman serta perilaku masyarakat agar tercipta sebuah sinergi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan ini sebagai bentuk upaya penyadaran bersama akan pentingnya partisipasi untuk mencapai kemajuan yang diharapkan. Disatu sisi pihak Satgas TMMD regular ke-113 Tahun 2022 Kodim 0732/Sleman memberikan wawasan mengenai kedisiplinan, gotong royong, kerja sama dan partisipasi, di sisi lain masyarakat juga memberikan wawasan dan pengalamannya mengenai kehidupan sosial kemasyarakatan dan kebudayaan serta potensi lokal setempat.

Kegiatan TMMD bukan hanya untuk membangun infrastruktur saja, melainkan sebagai bentuk wujud sinergitas TNI, Polri dan aparat terkait lainnya dengan masyarakat guna mewujudkan pemerataan. Sinergitas ini terlihat dari guyubnya personel Polsek Sleman bersama Satgas TMMD Reguler Ke-113 Tahun 2022 Kodim 0732/Sleman yang aktif bersama bekerja dan bergotong-royong mengerjakan sasaran fisik TMMD. Hal lain dari kegiatan ini yaitu untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi yang ada.

BACA JUGA:

Dor.. Begal Sadis Tewas Seketika, Dada Ditembus 3 Timah Panas

“Harapannya dengan pelaksanaan TMMD Reguler ke-113 TA 2022, dapat menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi serta menjadi sarana edukasi bagi seluruh komponen bangsa sehingga dapat mendorong untuk peningkatan produktivitas masyarakat pedesaan," ungkap Kapendam.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut