SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Wisanggeni, seorang mahasiswa baru di Kota Semarang Jawa Tengah, yang bersemangat. Dia telah menemukan kunci untuk menjaga ketepatan waktunya di kampus menggunakan Honda Vario 125 ESP.
Motor ini telah membantu Wisanggeni untuk selalu on-time dalam masuk perkuliahan. Selain itu, dia juga menjalankan pekerjaan sampingannya dalam pembuatan video dan manajemen media sosial untuk beberapa konsumen kafe di Semarang.
Dalam upayanya menjalani kehidupan mahasiswa yang penuh tantangan, Wisanggeni menemukan bahwa Honda Vario 125 ESP adalah kendaraan yang ideal. Berikut beberapa alasan motor ini telah menjadi andalannya:
1. Irit Bahan Bakar: Honda Vario 125 ESP dikenal sebagai motor skuter yang sangat irit bahan bakar. Dengan fitur teknologi ESP yang inovatif, motor ini menghadirkan performa yang optimal sambil menjaga efisiensi bahan bakar yang tinggi, sesuai dengan anggaran mahasiswa.
2. Lincah di Jalanan Kota: Kecepatan dan kelincahan motor ini cocok untuk melintasi jalanan padat Kota Semarang. Wisanggeni dapat dengan mudah menghindari kemacetan dan mencapai destinasi dengan cepat.
3. Multifungsi: Motor ini bukan hanya sarana transportasi, tetapi juga alat kerja Wisanggeni. Dengan ruang penyimpanan bagasi yang luas, ia dapat membawa peralatan video dan laptop yang diperlukan untuk pekerjaannya dengan mudah.
"Motor ini benar-benar telah menjadi penyelamat bagi saya. Saya dapat dengan mudah berpindah antara kampus dan pekerjaan saya, menjaga produktivitas tinggi,” kata dia.
Dia mengatakan, motor itu telah menemani aktivitasnya selama kurang lebih dua tahun terakhir. Semenjak naik kelas XII SMK, kendaraan berwarna hitam tersebut telah menjadi teman sekaligus alat transportasi ke berbagai tujuan.
“Yang terbaik adalah bagaimana motor ini irit bahan bakar, membantu saya menghemat uang untuk biaya kuliah. Dalam hal kenyamanan, saya merasa nyaman selama perjalanan panjang dan tidak merasa lelah setelah berjam-jam berkendara," imbuhnya.
Sporty Trendy
Honda Vario 125 yang muncul perdana pada 2015, telah mendapat penyegaran di tahun 2018. Produk ini tampil menarik dengan desain yang lebih eksklusif, sporty, dan trendy. Untuk itu, diperlukan perawatan yang tepat untuk menjaga motor Honda Vario 125 ESP tetap andal.
Berikut adalah beberapa tips perawatan dan spesifikasi mesin:
- Ganti Oli secara Berkala: Wisanggeni menekankan pentingnya mengganti oli mesin sesuai jadwal yang ditentukan oleh pabrikan, yaitu setiap 2.000-4.000 kilometer. Ini akan membantu menjaga mesin dalam kondisi optimal.
- Cek Tekanan Ban: Wisanggeni juga menyarankan untuk secara rutin memeriksa tekanan ban. Ban yang benar-benar terisi akan memberikan kenyamanan dan stabilitas yang lebih baik selama berkendara.
- Pelumas Rantai: Untuk menjaga rantai tetap dalam kondisi yang baik, perlu membersihkan dan melumasi rantai secara teratur.
- Periksa Sistem Rem: Sistem rem harus selalu berfungsi dengan baik. Pastikan untuk memeriksa rem cakram dan kampas rem secara berkala.
Senior Safety Riding Instruktur Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto, mengatakan, Honda selalu berkomitmen untuk memproduksi motor yang irit BBM. Motor tersebut disebut sebagai salah satu skutik produksi Honda yang irit bahan bakar. Tak heran jika sepeda motor itu banyak diminati pelanggan.
“Honda itu kalau mengeluarkan evolusi produk, selalu harus lebih irit. Angkanya sekitar minimal 6% atau bahkan 10% dari produk sebelumnya, jadi harus lebih irit. Juga sisi segitiga kenyamanannya, yakni antara pengendara dengan memegang stang, kaki pengendara di bawah ketika berkendara, kemudian juga posisi pantat di jok, itu semuanya sudah mendukung untuk kenyamanan berkendara. Jadi apa pun yang dilakukan selama berkendara itu mudah,” beber dia.
Spesifikasi Vario 125 ESP
Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi 1919 x 679 x 1062 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 132 mm
Berat kosong 111 Kg
Kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter
Rangka
rangka Underbone
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40P Tubeless
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C 46P Tubeless
Rem Depan Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang Tromol
Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan
Volume Langkah 124,8 cc
Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm
Tipe Tranmisi Otomatis , V – Matic
Daya Maksimum 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Mesin
Tipe Baterai Atau Aki MF 12V-5 Ah
Busi NGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9
Pengapian Full Transisterize, Baterai
Lampu Depan LED 2,2W x 2 (low), 4,4W x 2 (high)
Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto
Artikel Terkait