Saat Hidup Butuh Koneksi dan Kendali, IM3 Platinum Jadi Solusi

Taufik Budi
Saat Hidup Butuh Koneksi dan Kendali, IM3 Platinum Jadi Solusi (Taufik Budi)

SEMARANG, iNEWSJOGLOSEMAR.ID – Peran ganda untuk menjaga hubungan keluarga dan mendukung produktivitas kerja, membuat Afra Widya (32), warga Semarang, membutuhkan koneksi internet yang tidak hanya cepat, tetapi juga stabil setiap saat. Pilihannya tertuju pada IM3 Platinum, layanan pascabayar yang dinilai mampu menjawab kebutuhan digital keluarga secara menyeluruh.

Afra menggunakan paket bulanan seharga Rp100.000 yang memberikan kuota sebesar 50 GB. Menurutnya, keunggulan paling praktis dari paket ini adalah biaya langganan terjangkau dan kuota yang dapat diakumulasikan.

“Saya memakai paket yang 1 bulan Rp100.000 untuk kapasitas 50 giga. Enaknya, kuota itu bisa aku simpan. Kalau misalkan bulan ini tidak habis, bisa dipakai untuk bulan depan. Jadi diakumulasikan,” ujar Afra kepada iNews, Kamis (15/5/2025).

Ia menjelaskan bahwa kebutuhan kuotanya sehari-hari sangat tinggi, terutama untuk konten media sosial berbasis video seperti TikTok dan Instagram. Selain itu, ia juga memanfaatkan video untuk mendukung kegiatan di perusahaannya.

“Kuota 50 GB ini memang cukup besar. Lebih banyak digunakan untuk video, apalagi memang penggunaan sehari-hari kita medsos, TikTok, Instagram, itu semuanya menggunakan video-video dan itu membutuhkan kuota yang cukup besar,” lanjutnya.

Dari sisi kecepatan internet, Afra juga menilai IM3 Platinum unggul dibandingkan operator lain. Ia beberapa kali membandingkan langsung saat bertugas ke luar kota, termasuk di daerah pegunungan.

“Saya sempat membandingkan dengan operator yang berbeda. Di satu lokasi, ini (Indosat) memang lebih cepat. Contoh, misalnya saya berada di Dieng atau Bandungan yang berada di puncak gunung, kayak gitu, sinyal tetap bagus,” tuturnya.

Afra menyukai performa jaringan Indosat karena stabil dan relatif tanpa ada gangguan selama digunakan. Konektivitas stabil ini juga menjadi andalan ketika ia harus menjaga komunikasi jarak jauh dengan sang suami, yang kini tinggal di Yogyakarta.

“Untuk harian saya prefer, lebih suka memakai Indosat karena tidak sering nge-lag. Apalagi, saat ini suami saya pindah tugas di Jogja, jadi LDR. Sekarang video call itu lebih stabil kalau menggunakan Indosat IM3 Platinum,” ucap Afra.

Lebih dari sekadar penggunaan pribadi, Afra memilih paket Family dari IM3 Platinum. Ia menggunakannya untuk dirinya dan suami, di mana pembayaran dilakukan dalam satu tagihan saja.

“Saya pakai yang family. Jadi saya bayar sekaligus untuk suami. Family ini untuk 5 orang, tapi yang ini saya pakai untuk 2 orang, saya dan suami. Yang bayar satu orang sudah termasuk semuanya. Masing-masing mendapatkan kuota 50 GB,” jelasnya.

Afra menyebut sudah cukup lama menggunakan layanan ini yakni sejak diluncurkan pada November 2024. Salah satu nilai tambah yang ia sukai adalah kemudahan mendapatkan nomor cantik untuk dirinya dan suami.

“Saat awal pakai itu saya mendapatkan nomor yang cantik, termasuk suami juga mendapatkan nomor yang cantik. Nomor yang mudah diingat,” katanya seraya tertawa.

Stabil Tanpa Buffering

Peran ganda selanjutnya dilakukan Aning Poo (27), warga Kota Semarang, yakni sebagai ibu rumah tangga dan konten kreator. "Sebagai ibu dan konten kreator, aku butuh koneksi internet yang benar-benar bisa diandalkan. Kadang aku upload konten malam, pagi, bahkan saat di perjalanan. IM3 Platinum bantu banget karena sinyalnya stabil dan cepat," ujar Aning saat diwawancarai.

Ia menyampaikan layanan pascabayar tersebut memberikan pengalaman berbeda. Akses internet yang cepat dan konsisten sangat menunjang pekerjaannya yang berkaitan dengan unggahan video parenting, tips mendidik anak, serta berbagai aktivitas keluarga di media sosial.

“Saya aktif di media sosial sejak 2027 dan sering bikin konten soal bagaimana mendidik anak dengan pola komunikasi yang baik, memperkenalkan literasi usia dini, serta berbagai hal seputar peran ibu. Kalau koneksi lambat, maka semua itu jadi terhambat,” tambahnya.

Bagi Aning, koneksi yang prima adalah bagian dari kualitas hidup, terutama saat berbagi momen tumbuh kembang putri cantiknya dengan para pengikutnya. Ia menyebut, konten yang dibuatnya bukan hanya hiburan, tapi juga bentuk edukasi ringan untuk ibu muda lainnya.

"Kadang aku bikin sesi live, atau ngobrol santai di Instagram, bahas parenting atau tanya jawab dari follower. Kalau koneksinya buffering, ya bisa-bisa bubar semuanya," ujar pemilik akun Instagram @aningpoo dengan lebih dari 245 ribu pengikut itu sembari tersenyum.

Pengalaman menggunakan IM3 Platinum juga memberikan kenyamanan ekstra, terutama karena adanya layanan prioritas di jaringan dan keistimewaan lainnya. Aning menyebut hal ini menjadi nilai tambah yang nyata, apalagi saat jaringan padat di jam-jam sibuk.

"IM3 Platinum memang beda. Selain koneksinya cepat, aku juga merasa lebih dihargai sebagai pelanggan. Ada layanan khusus, bahkan bisa dibantu via WhatsApp kalau ada kendala. Enggak perlu nunggu lama. Ada juga Platinum Corner kalau kita datang ke gerai, nyaman sekali tempatnya," jelasnya.

Selain kecepatan internet dan pengalaman layanan, IM3 Platinum juga mendukung gaya hidup keluarga digital yang makin kompleks. Sebagai ibu muda, Aning merasa tertolong dengan fitur-fitur yang memberi efisiensi dan fleksibilitas.

“Kadang aku harus kirim file besar, download materi edukasi anak, atau kerja kolaborasi jarak jauh. Semua itu butuh koneksi yang andal. IM3 Platinum sejauh ini cocok banget buat aku,” tegasnya.

Perubahan Besar

Operator Indosat Ooredoo Hutchison menyampaikan komitmennya melalui layanan IM3 Platinum. Pelanggan IM3 Platinum akan mendapat perlakuan istimewa dalam hal prioritas jaringan. Hal tersebut didukung oleh kesiapan infrastruktur dan investasi besar pada jaringan yang terus dikembangkan.

"Kalau terjadi kepadatan di satu titik, maka sistem kami akan otomatis melakukan penyesuaian kapasitas. Ini adalah bentuk keseriusan manajemen dalam menjadikan IM3 Platinum sebagai layanan unggulan," kata I Gusti Ngurah Sani W., VP Head of Retail Operation Indosat Ooredoo Hutchison.

"Sebelumnya, kami tidak pernah mengklaim produk tertentu sebagai prioritas di jaringan karena masih banyak hal yang harus kami siapkan dari sisi teknis. Namun untuk IM3 Platinum, manajemen di level direksi memberikan komitmen penuh bahwa layanan ini mendapatkan prioritas di jaringan,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan, pelanggan IM3 Platinum mendapatkan akses ke jaringan yang disebut Experience Network. Jaringan ini memberikan kecepatan hingga 185 Mbps, jauh lebih cepat dibanding pelanggan reguler.

“Selain jaringan, pengalaman pelanggan juga kami pikirkan. Kami punya fitur Platinum Assistant, lewat aplikasi digital, di mana pelanggan bisa konsultasi tanpa harus datang ke gerai. Semua dilakukan langsung dari smartphone,” kata Sani.

Joko Tri Wibowo, SVP Head of Region Central Java Indosat Ooredoo Hutchison, turut menjelaskan tentang kesiapan jaringan di wilayahnya. Menurutnya, proporsi pelanggan Platinum masih jauh dibanding pelanggan reguler, sehingga masih sangat bisa diakomodasi.

“Jadi tidak perlu khawatir. Secara rasio masih sangat longgar, dan jika ada penambahan pengguna Platinum, sistem kami secara otomatis akan menambah kapasitas jaringan di wilayah tersebut,” jelasnya.

Joko menyebut bahwa sejak awal tahun ini, Indosat terus menambah kapasitas jaringan di berbagai daerah, termasuk wilayah rural atau pinggiran. Langkah ini merupakan strategi untuk mendorong pemerataan akses digital.

“Kami justru saat ini agresif mengembangkan jaringan di daerah rural. Karena di sana, potensi pertumbuhan pelanggan sangat besar. Dan kami ingin jaringan Platinum ini bisa dinikmati oleh semua, bukan hanya yang di kota seperti Semarang ini,” tegasnya.

Dalam lingkup yang lebih luas, Fahd Yudhanegoro, EVP Head of Circle Java, menegaskan bahwa IM3 Platinum merupakan bentuk transformasi layanan pascabayar yang dirancang lebih premium dan personal.

“Transformasi ini mencerminkan semangat kami dalam memahami pelanggan lebih dalam dan menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan spesifik mereka,” ujar Fahd.

Fahd menjelaskan, IM3 Platinum tidak sekadar layanan teknis, tetapi menyatu dengan gaya hidup digital. Filosofi yang diusung adalah “Platinum artinya spesial”, dengan slogan "Simple. Next Level."

Bentuk pelayanan pun dirancang menyeluruh. Di gerai, tersedia Platinum Corner dengan jalur khusus dan area tunggu VIP lengkap dengan minuman hangat. Pelanggan tidak perlu antre bersama pelanggan umum.

Bagi pelanggan jarak jauh, tersedia call center prioritas di 185, bebas pulsa, dan dijawab dalam waktu kurang dari 30 detik tanpa proses transfer ke petugas lain.

Selain itu, IM3 Platinum juga menghadirkan aplikasi myIM3 dengan fitur AI Assistant bernama Indira.ai, chatbot cerdas untuk membantu pelanggan secara instan. Tersedia pula Platinum WhatsApp untuk layanan pelanggan via WA secara cepat.

Untuk kebutuhan keluarga, IM3 Platinum menawarkan paket Platinum Family yang bisa digunakan hingga lima anggota dengan total kuota 250GB per bulan dan akses tanpa batas (unlimited) telepon serta SMS.

Adapun paket Platinum Satu memberikan total kuota 1TB selama 12 bulan. Dengan harga Rp1 juta, pelanggan juga mendapatkan kuota roaming ke Singapura, Malaysia, dan Thailand. Paket ini mendukung gaya hidup profesional, karena bisa digunakan untuk tethering berbagai perangkat. Pelanggan pun bisa memilih nomor cantik sebagai bagian dari layanan eksklusif.

Fahd menyebut bahwa Indosat telah menyiapkan 32 gerai IM3 di Jawa Tengah. Seluruhnya dipastikan siap memberikan pengalaman layanan khas Platinum — cepat, nyaman, dan personal.

“Ini bukan sekadar layanan, tapi bagian dari gaya hidup digital masyarakat modern,” tandas Fahd.

Transformasi Digital

Dr. Ari Endang Jayati, Pakar Wireless Communication dari Universitas Semarang (USM), mengatakan, di tengah tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan internet yang cepat dan stabil, maka skema jaringan prioritas bisa menjadi solusi. IM3 Platinum secara teknis dirancang memberikan pengalaman digital premium.

“IM3 Platinum pascabayar menjamin kecepatan dan koneksi yang lancar bagi penggunanya melalui beberapa skema. Salah satunya Network Priority, yaitu pelanggan Platinum mendapatkan prioritas lebih tinggi dibanding pelanggan prabayar atau pascabayar lainnya, apalagi saat trafik sedang padat,” ujar Dr. Ari sekaligus Kaprodi S1 Teknik Elektro USM, saat diwawancarai di kampus USM.

Layanan ini memungkinkan pengguna IM3 Platinum mengakses jaringan 4G Plus dan 5G, khususnya di area yang sudah mendukung jaringan generasi kelima tersebut. Tak hanya itu, kualitas koneksi juga unggul, baik dalam hal kecepatan unduh dan unggah, maupun kestabilan saat digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan latensi rendah.

“Pengguna dapat akses ke jaringan 4G Plus dan 5G (di area yang sudah mendukung). Selain itu, pengguna juga mendapatkan layanan kecepatan tinggi untuk upload dan download, serta latency yang rendah, terutama untuk aplikasi gaming dan video conference,” jelasnya.

Sebagai akademisi dan peneliti di bidang komunikasi nirkabel, Dr. Ari juga menyarankan, operator seperti Indosat terus meningkatkan kualitas layanan dengan berbagai pendekatan teknologi mutakhir. Ia menekankan pentingnya pengembangan kapasitas jaringan sebagai langkah antisipatif terhadap lonjakan trafik yang terus meningkat.

“Saya menyarankan operator untuk terus meningkatkan kapasitas jaringan melalui penambahan infrastruktur, penerapan teknologi seperti QoS (Quality of Service) dan Network Slicing, serta manajemen trafik berbasis AI (Artificial Intelligence),” terangnya.

Meski layanan IM3 Platinum memberikan benefit jaringan prioritas dan akses premium, Dr. Ari mengingatkan bahwa tetap ada batasan teknis yang perlu diperhatikan baik oleh operator maupun pengguna. Hal tersebut termasuk Fair Usage Policy (FUP), cakupan jaringan di lokasi tertentu, hingga syarat perangkat yang digunakan.

“Meskipun pelanggan mendapatkan prioritas jaringan dan layanan premium, tetap ada batasan seperti Fair Usage Policy (FUP), ketergantungan pada cakupan jaringan, serta syarat penggunaan perangkat yang kompatibel. Dengan demikian, baik operator maupun pengguna memiliki peran untuk menjaga kualitas koneksi yang stabil dan cepat di tengah tingginya permintaan,” tutup Dr. Ari.

 

 

Editor : Enih Nurhaeni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network