SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Pasar otomotif nasional tahun ini sedang menghadapi tantangan serius. Penurunan minat beli, tekanan ekonomi, dan persaingan ketat membuat industri kendaraan roda empat tidak berada dalam kondisi terbaik.
Di tengah situasi ini, Daihatsu masih mampu mempertahankan posisi kedua market share di Indonesia. Budhy Lau, Regional Head Daihatsu Jawa Tengah & Bali, mengakui tantangan tersebut namun tetap optimistis.
“Tahun ini Daihatsu menghadapi situasi market yang penuh tantangan dibanding tahun lalu. Di tengah kondisi pasar yang kurang baik, kami masih bersyukur bisa mempertahankan market share nomor dua,” ujarnya, Senin (11/8/2025).
Budhy menegaskan, peran after sales service menjadi kunci untuk menjaga performa perusahaan, kepuasan, dan loyalitas pelanggan. Upaya itu dilakukan melalui peningkatan kompetensi Service Advisor, Foreman, dan Technician di seluruh jaringan bengkel resmi Daihatsu.
Salah satu langkah strategis adalah menggelar Daihatsu Technical Skill Contest, ajang kompetisi untuk menguji sekaligus meningkatkan kemampuan teknis dan pengetahuan tim bengkel. Skema lomba ini memadukan tes pengetahuan, keterampilan, hingga role play yang menekankan prosedur kerja sesuai SOP.
“Kami ingin memastikan kompetensi tim bengkel selalu optimal. Tahun ini partisipasi bengkel yang ikut seleksi regional kami perbanyak agar lebih kompetitif,” jelas Budhy.
Editor : Enih Nurhaeni
Artikel Terkait