get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Gencarkan Sekolah Ramah Anak, Dosen Psikologi Unnes Beri Pelatihan di SD Nasima Semarang

Jum'at, 01 September 2023 | 12:41 WIB
header img
Gencarkan Sekolah Ramah Anak, Dosen Psikologi Unnes Beri Pelatihan di SD Nasima Semarang (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Sekolah ramah anak sangat diperlukan untuk mendukung proses belajar mengajar sekaligus menjamin kenyamanan siswa. Namun pada pelaksanaan atau implementasi sekolah ramah anak, masih ditemui kendala yang berhubungan dengan kesiapan guru.

Sekolah merupakan rumah kedua bagi anak. Oleh karena itu, diperlukan lingkungan sekolah yang kondusif, aman, nyaman, dan mendukung anak-anak untuk tumbuh serta berkembang secara optimal. 

Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut, tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Unnes melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan berupa “Pelatihan Kesiapan Guru Menuju Sekolah Ramah Anak: Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Para Guru di SD Nasima Semarang”. 

Pengabdian itu diketuai Yogi Swaraswati, S.Psi., M.Si., beranggotakan Liftiah, S.Psi., M.Si., Ph.D., Woro Apriliana Sari, S.Psi., M.Si., dan Dra. Tri Esti Budiningsih, S.Psi., M.A, serta tiga orang mahasiswa. Pelatihan bertempat di aula SD Nasima, Jalan Puspanjolo Selatan 53, Kota Semarang. 

Tim Pengabdian Dosen Psikologi Unnes memberikan pembekalan kepada para guru dengan fokus utama pemahaman mendalam mengenai identifikasi permasalahan, cara penanganan, dan komunikasi efektif dengan orang tua terkait kondisi peserta didik. Tujuannya kolaborasi antara sekolah dan keluarga dapat terjalin baik. 

Yogi Swaraswati, S.Psi., M.Si menyoroti perlunya meningkatkan kompetensi profesional guru menuju sekolah ramah anak. Ini penting untuk memperkuat kepekaan guru dalam mengakomodasi keberagaman peserta didik. 

"Identifikasi, asesmen, dan konseling sebagai keterampilan dasar yang harus dimiliki guru," lugas Yogi Swaraswati.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut