get app
inews
Aa Read Next : Perangi Stunting, TNI AD Garap 186 Titik Akses Air Bersih di Jateng

Hari Batik Nasional 2023, 1001 Prajurit TNI Membatik Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta

Senin, 02 Oktober 2023 | 17:17 WIB
header img
Hari Batik Nasional 2023 menjadi momen bagi 1001 TNI AD, TNI AL dan TNI AU melakukan proses membuat kain batik. Kegiatan ini dilaksanakan untuk merayakan Hari Batik Nasional 2023 sekaligus perayaan HUT TNI Ke 78 dan HUT Ke-267 Kota Jogja.Foto: Erfan

YOGYAKARTA, iNewsJoglosemar.id - Hari Batik Nasional 2023 menjadi momen bagi 1001 TNI AD, TNI AL dan TNI AU melakukan proses membuat kain batik. Kegiatan ini dilaksanakan untuk merayakan Hari Batik Nasional 2023 sekaligus perayaan HUT TNI Ke 78 dan HUT Ke-267 Kota Jogja.

Prajurit TNI membatik ini berlangsung di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kalurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis, Kota Yogyakarta, pada hari Senin (2/10/2023). Meskipun cuaca sangat panas, semua anggota TNI yang berpartisipasi menunjukkan antusiasme yang tinggi.

"Saat ini, kami juga mencatatkan Rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) untuk pembatikan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Beny Suharsono, pada hari Senin (2/10/2023).

Masyarakat DIY seharusnya bersyukur karena Yogyakarta memiliki tiga warisan budaya tak benda yang berharga, yaitu Keris, Wayang, dan Batik. Oleh karena itu, tugas bersama kita adalah menghidupkan kembali budaya tak benda ini melalui karya seni.

Beny menjelaskan bahwa merawat batik-batik peninggalan masa lalu adalah salah satu cara untuk melestarikan batik sebagai artefak bersejarah agar tetap hidup dan dapat dipelajari oleh generasi mendatang. Acara ini sangat didukung oleh Pemda DIY, terutama pada Hari Batik Nasional, karena hal ini bisa menjadi pengingat penting bagi generasi muda agar memahami esensi sebenarnya dari batik.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut