get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Masih Cerita Doktor Anggun: Dari Vokasi hingga International Office Undip

Sabtu, 25 November 2023 | 12:46 WIB
header img
Masih Cerita Doktor Anggun: Dari Vokasi hingga International Office Undip (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Doktor Anggun Puspitarini Siswanto, masih menyimpan segudang cerita. Pengajar dan peneliti berbakat dari Universitas Diponegoro (Undip) itu bercerita awal menjadi dosen Sekolah Vokasi hingga menduduki posisi strategis di International Office Undip.

"Saya lulus S3 sekitar umur 28 tahun, masih muda saat itu. Mungkin doktor termuda di Undip tapi karena saat itu masih berstatus calon dosen, jadinya belum banyak yang tahu," kata Anggun.

Doktor Anggun saat Jamuan Makan Malam bersama Kedutaan Inggris & British Council

"Di situ saya belajar bahwa menjadi doktor berarti memiliki tanggung jawab yang besar di pundak kita. S3 itu jenjang terakhir pendidikan, ketika masyarakat memahami kita paling tahu segalanya, padahal justru sebaliknya. Pendidikan Doktoral itu yang kita pelajari secara mendalam ya tentang riset kita, yang mana itu termasuk fraksi kecil dari keseluruhan keilmuan kita. Terdapat fakta menarik yang saya peroleh dari Pembimbing di Sheffield terkait filosofi di balik gelar PhD. Sesungguhnya, para Doktor mendapat gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) sebab setelah menyelesaikan jenjang pendidikan S3 maka diharapkan pemilik gelar PhD tersebut memahami filosofi keilmuan, filosofi kompetensi termasuk filosofi kehidupan," lugasnya meyakinkan.

Anggun mencapai puncak pendidikan dengan meraih gelar doktor di The University of Sheffield, Inggris, tanpa melalui jenjang S2. Berbekal ijazah S1, Anggun awalnya mendaftar di Program Master of Philosophy (M.Phil).

Dia tak menyadari, jika itulah pintu masuk ke Program Doctor of Philosophy (Ph.D). 
Doktor jurusan Chemical and Biological Engineering tersebut termasuk Alumni yang kembali mengabdi ke Almamaternya. Anggun memulai pendidikan tingginya pada tahun 2006 sebagai Mahasiswa Program Studi Diploma III Universitas Diponegoro dan pada 2009 melanjutkan ke jenjang Sarjana di Program Studi Teknik Kimia Universitas Diponegoro. Setelah menyelesaikan pendidikan Pascasarjana di Inggris pada periode 2012-2016, Anggun kembali pulang ke Indonesia dan mengabdi di Universitas Diponegoro hingga saat ini.

“Sekolah Vokasi Undip resmi berdiri di tahun 2016. Di mana Dekan Pertama Sekolah Vokasi Undip saat itu ialah Prof. Dr. rer. nat. Imam Buchori, S.T. dan kemudian dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Budiyono, MSi sebagai Dekan sampai sekarang,” lanjutnya.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut