get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Jalan Terang Fery Fadli, Pemijat Tunanetra Dibantu KUR Pegadaian Syariah

Jum'at, 05 Januari 2024 | 22:50 WIB
header img
Jalan Terang Fery Fadli, Pemijat Tunanetra Dibantu KUR Pegadaian Syariah (Foto: Taufik Budi)

Dukung UMKM

Pemimpin Cabang Pegadaian Syariah Kaligarang Semarang, Liza Purnamasari, menegaskan memberi dukungan penuh kepada pelaku UMKM. Terutama untuk membantu UMKM menghadapi tantangan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

“Dengan adanya KUR Syariah ini kita bisa membantu para pelaku usaha, terutama bagi mereka yang membutuhkan penambahan modal usaha. Jenis UMKM bisa berupa yang menghasilkan produk atau jasa. Semua bisa diberi bantuan, yang penting memang ada usaha untuk perputaran ekonomi,” kata Liza.

Dia pun menyebut salah satu kesuksesan implementasi KUR Syariah adalah pada pemijat tunanetra di Banyumanik. Liza menjelaskan bahwa bantuan ini membuktikan efektivitas KUR Syariah dalam membantu UMKM kelas bawah yang masih belum tersentuh oleh bantuan modal untuk pengembangan usaha.

“Syaratnya, yang bersangkutan belum pernah mendapatkan KUR dari lembaga lain, karena memang ini kita satu pintu dari Kementerian Koperasi dan UMKM. Lalu usaha sudah berjalan minimal 6 bulan,” paparnya.

“Kalau untuk kita ada KUR Super Mikro Rp1 juta sampai Rp10 juta, kalau nanti juga naik kelas namanya KUR Mikro Rp10 juta sampai Rp50 juta. Untuk agunan, sebenarnya ya usaha itu. Jadi yang jadi jaminan adalah usaha yang sedang berjalan itu,” tandasnya.

Program KUR Pegadaian Syariah merupakan fasilitas pinjaman kepada pemilik usaha produktif untuk mengembangkan usaha dalam jangka waktu tertentu. Pemohon dapat mengajukan pinjaman dana dalam masa tempo 1 sampai 3 tahun.

“Bunganya itu memang sangat murah, karena disubsidi oleh pemerintah yaitu 0,14% per bulan. Jadi bisa dibilang hanya pokoknya saja yang dikembalikan. Di awal pencarian kredit juga tidak ada potongan biaya administrasi, biaya apa pun tidak ada,” lugas Liza.

Pegadaian Syariah Kaligarang menetapkan target sebesar Rp4,6 miliar untuk disalurkan pada tahun ini. Dengan semangat pemberdayaan UMKM, Pegadaian Syariah Kaligarang berupaya memberikan dukungan penuh bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

“Kita akan lebih banyak turun ke lapangan untuk melihat UMKM-UMKM yang mungkin belum tersentuh oleh permodalan seperti ini,” ujarnya.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut