get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Pasangan Muda Gapai Rumah Idaman Lewat KPR BTN, Syarat Tak Ribet!

Senin, 19 Februari 2024 | 16:54 WIB
header img
Pasangan Muda Gapai Rumah Idaman Lewat KPR BTN, Syarat Tak Ribet! (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.idPasangan muda Agesta Pratiwi dan Muhtadin sempat kebingungan ketika mencari rumah sebagai tempat tinggal, setelah melangsungkan pernikahan 4 tahun silam di Kota Semarang Jawa Tengah. Harga yang terus melambung berulang kali menciutkan nyali mereka untuk memiliki rumah idaman.

Hingga pasangan yang telah dikaruniai 2 anak tersebut berselancar di dunia maya untuk mendapatkan informasi perumahan. Sebab, rumah petak yang selama ini ditempati terasa makin sesak oleh tumpukan pakaian maupun mainan dua anak mereka.

Pasangan muda generasi milenial itu lantas tertarik dengan kemudahan yang ditawarkan oleh KPR BTN untuk membeli rumah impian mereka. Melalui akun Instagram @kprbtnsmg, mereka menemukan informasi tentang perumahan Mutiara Kedungmundu II di Kota Semarang.

Dalam pencarian rumah, Agesta Pratiwi dan Muhtadin mempertimbangkan harga terjangkau dan kemudahan pengajuan kredit. Rumah-rumah di perumahan Mutiara Kedungmundu II memiliki harga sekira Rp300 jutaan dengan luas tanah mulai dari 72 hingga 120 meter persegi.

"Kami ingin memiliki tempat tinggal yang nyaman dan aman untuk masa depan keluarga kami nanti. Rumah ini bukan hanya sebagai investasi, tapi juga sebagai tempat kami bersama anak-anak," ujar Agesta yang diamini suaminya, Muhtadin, Sabtu (17/2/2024).

Kemudahan pembiayaan yang ditawarkan oleh KPR BTN juga menjadi salah satu faktor utama yang membuat pasangan muda itu tertarik. Apalagi, Agesta dan Muhtadin yang bekerja swasta dengan penghasilan tak besar sehingga harus pandai-pandai mengatur keuangan.

“Rencana mau ambil yang tipe 36 dengan ukuran tanah 72 meter persegi, harganya Rp332,4 juta. DP 20 persen ya sekira Rp66 juta. Nanti kita ambil yang angsuran paling lama saja 20 tahun, itu Rp2,39 juta per bulan,” terangnya setelah menerima brosur rincian harga.

“Jadi gaji suami yang buat angsuran, nanti keperluan sehari-hari dari penghasilan saya. Semoga lancar ke depannya,” lanjut dia.

Tak Ribet

Seorang staf marketing KPR BTN Semarang, Riski Anas, menjelaskan bahwa persyaratan pengajuan kredit cukup mudah. Di antaranya adalah fotokopi KTP, kartu keluarga, buku nikah, surat keterangan kerja, buku tabungan, slip gaji, dan NPWP.

"Persyaratan tidak rumit, kami memang memberikan kemudahan bagi calon konsumen yang ingin memiliki rumah impian. Kami juga menyediakan simulasi pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kemampuan calon pembeli," ujar Riski.

Pada 9 Februari 2024, PT Bank Tabungan Negara (Persero) TBK (BTN) merayakan ulang tahunnya yang ke-74. Dengan usia itu, BTN telah mencapai kematangan sebagai bank yang berfokus pada pembiayaan perumahan, memenuhi tanggung jawab untuk mewujudkan impian memiliki rumah bagi masyarakat Indonesia.

BTN berhasil membuktikan kesuksesannya dalam memegang amanah tersebut kepada Pemerintah, stakeholder, dan masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dalam 74 tahun perjalanannya, BTN telah membiayai sekira 5,2 juta unit rumah, di mana sebanyak 4,05 juta unit dinikmati oleh MBR melalui fasilitas KPR subsidi.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut