get app
inews
Aa Read Next : YLI Jateng Dukung KPU Kendal Tolak Pendaftaran Dico-Ali, Beberkan Fakta Hukum

Kafe Angkringan Pucu'e Kendal, Harmoni Alam dan Teknologi di Lereng Gunung Ungaran

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 18:48 WIB
header img
Kafe Angkringan Pucu'e Kendal, Harmoni Alam dan Teknologi di Lereng Gunung Ungaran (Taufik Budi)

Energi yang Terjangkau

Inisiatif di Kafe Angkringan Pucu'e Kendal ini sejalan dengan komitmen Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam memastikan akses energi yang terjangkau dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kementerian ESDM menegaskan, akses terhadap energi merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah terpencil seperti lereng-lereng pegunungan.

"Salah satu fokus kami adalah memastikan masyarakat dapat mengakses energi dengan biaya yang terjangkau, baik itu listrik maupun bahan bakar," jelas Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana.

Inisiatif ini tidak hanya mendukung bisnis lokal, tetapi juga memberikan dampak positif bagi komunitas sekitar dengan menyumbang pada upaya penghematan energi sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Kebijakan ini diharapkan dapat membantu masyarakat seperti di lereng Gunung Ungaran, yang dapat memanfaatkan energi terjangkau untuk mendukung kehidupan dan usaha mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian ESDM terus berkomitmen untuk memperluas program BBM Satu Harga, yang bertujuan menyediakan BBM dengan harga seragam di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah terpencil dan pedesaan. Program ini telah membantu masyarakat di wilayah-wilayah yang sebelumnya kesulitan mendapatkan akses energi dengan harga terjangkau.

"Kami memastikan masyarakat mampu membeli energi, baik itu listrik maupun bahan bakar, dengan memberikan subsidi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan daya beli masyarakat," jelas Dadan.

Program ini juga mendapat dukungan dari akademisi. Prof. Sudharto, pakar lingkungan hidup dari Universitas Diponegoro (Undip). Ia mengapresiasi langkah yang diambil oleh Indonesia Power dan Unnes dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Kehadiran Indonesia Power dan program yang dirintis oleh Unnes ini semoga dapat mempercepat upaya melestarikan lingkungan di Gunung Ungaran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terlibat," tuturnya.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, Kafe Pucu'e Kendal menjadi contoh inspiratif dari bagaimana energi terbarukan dapat diimplementasikan di usaha lokal. Inovasi ini diharapkan akan menjadi model bagi inisiatif serupa di masa mendatang, sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

 

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut