get app
inews
Aa Read Next : Profil Kombes Pol Iqbal Alqudusy 15 Tahun di Humas Polri, Kini Jabat Dirlantas Polda Aceh

Pendaftaran Akpol dan Bintara Polri Dibuka, Simak Syaratnya!

Jum'at, 08 April 2022 | 21:52 WIB
header img
Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali membuka pendaftaran personel jalur Bintara dan Taruna Akademi kepolisian (Akpol) tahun 2022.

SEMARANG - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali membuka pendaftaran personel jalur Bintara dan Taruna Akademi kepolisian (Akpol) tahun 2022. Ketentuan dan syarat pendaftaran dapat diakses melalui situs penerimaan.polri.go.id.

"Bagi Anda yang berminat menjadi anggota Polri, bisa menyiapkan berkas persyaratan yang dibutuhkan dari sekarang. Pendaftaran dan verifikasi dimulai tanggal 30 Maret 2022 dan berakhir pada tanggal 18 April 2022 untuk calon Taruna Akpol. Sedangkan calon Bintara Polri akan berakhir pada 11 April 2022. Untuk detailnya silakan buka situs resminya," kata Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Jumat (8/4/2022).

BACA JUGA:

Politikus PDIP Bertanya ke Jokowi: Dulu Belajar Jadi Presiden Berapa Waktu?

Untuk pendaftaran anggota Polri Bintara akan dibuka mulai 31 Maret hingga 11 April 2022 dengan kuota sebanyak 9.284 orang. Rinciannya kuota untuk Bintara Polisi Tugas Umum dan Bakomsus pria sebanyak 7.984 orang, Bintara (PTU) dan Bakomsus wanita sebanyak 300 orang, dan Bintara Brimob pria sebanyak 1.000 orang.

Sementara pendaftaran Taruna Akpol 2022, dibuka sejak 30 Maret hingga 18 April 2022. Kuota peserta didik penerimaan Polri Taruna Akpol tahun ini adalah 175 orang, yang terdiri dari 150 pria dan 25 wanita. Pendidikan calon Taruna Akpol akan dibuka pada 2 Agustus 2022.

BACA JUGA:

Jokowi Sebut Jumlah Pemudik Lebaran Capai 85 Juta Orang, 14 Juta dari Jabodetabek

Rekrutmen ini merupakan penerimaan calon Perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat lnspektur Polisi Dua (IPDA) melalui pendidikan pembentukan Taruna Akpol. Masa pendidikan dalam penerimaan Polri Taruna Akpol selama empat tahun di Akademi Kepolisian (Akpol) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri Semarang, Jawa Tengah.

Ujian atau pemeriksaan penerimaan Polri terpadu Taruna Akpol diselenggarakan di tingkat daerah oleh Panitia Daerah (Panda) di Polda. Seleksi di tingkat pusat dilakukan oleh Panitia Pusat (Panpus) di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut