Kunjungi Makodam IV/Diponegoro, Prabowo Serahkan 100 Motor Dinas Babinsa

Taufik Budi
Kunjungi Makodam IV/Diponegoro, Prabowo Serahkan 100 Motor Dinas Babinsa (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberikan memberikan bantuan 100 unit motor dinas kepada para Babinsa, saat kunjungan kerja ke Makodam IV/Diponegoro, Rabu (25/1/2023). Prabowo juga memberikan pengarahan kepada 2.000 Babinsa jajaran Kodam IV/Diponegoro.

Di hadapan seluruh PJU Kodam IV/Diponegoro dan Babinsa, Menhan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang begitu semangat. Menhan mengatakan bahwa untuk membangun pertahanan negara yang kuat maka harus diawali dari TNI yang berada di bawah komando teritorial.

“Komando teritorial adalah tulang punggung dari pertahanan negara dan merupakan senjata rahasia rakyat Indonesia, di mana dengan komando teritorial, Bangsa Indonesia mampu merdeka dan berhasil mengusir penjajah,” ujar Menhan.

Sesuai dengan UU. RI No. 34 Tahun 2004, Sistem Pertahanan Indonesia adalah (Hankamrata) yakni pertahanan keamanan rakyat semesta. Yakni sistem pertahanan melibatkan seluruh komponen bangsa.

“Inti dari Hankamrata wujudnya adalah komando teritorial, dimulai dari Pangdam, Danrem, Dandim, Danramil kemudian Babinsa. Inilah tulang punggung pertahanan Indonesia,” lugasnya.

Untuk mendukung kekuatan teritorial, Menhan merencanakan nantinya seluruh Babinsa di Indonesia akan mendapatkan kendaraan motor dinas untuk mendukung mobilitas. Termasuk melengkapi fasilitas alat komunikasi yang dapat menghubungkan langsung dengan Komando Atas.

“Karena Babinsa adalah ujung tombak, Babinsa adalah mata dan telinga, Babinsa adalah yang mewakili seluruh TNI. Babinsa harus mengenal seluruh masyarakatnya, harus membantu sekaligus merebut hati dan pikiran rakyat,” ungkapnya.

“Kita akan bangun TNI yang kuat, karena dengan tentara yang kuat akan menjamin negara aman, negara aman menjamin perdamaian dan perdamaian akan menjamin pertumbuhan ekonomi sehingga negara dapat menjadi makmur,” tegas Menhan.

Sementara itu, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, mengungkapkan sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Kodam IV/Diponegoro yang dikunjungi Menhan. Apalagi, Menhan juga memberikan arahan dan bantuan motor langsung kepada para Babinsa.

“Selamat datang di Kodam IV/Diponegoro, kami merasa sangat terhormat sekali, Bapak dapat hadir ditengah tengah kami, ini merupakan kehormatan untuk kami semua,” ungkap Pangdam.

Turut mendampingi Menhan pada kunjungannya di Kodam IV/Diponegoro, Asisten Khusus Menhan Bid. Jemenhan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Irjen Kemhan RI Letjen TNI (Purn) Agus Sutomo, dan Plt. Karo TU dan Protokol Mayjen TNI Rui Duarte.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network