Arus Mudik Lebaran, Isi BBM 30 Liter Hanya Perlu 1 Menit

Taufik Budi
Arus Mudik Lebaran, Isi BBM 30 Liter Hanya Perlu 1 Menit (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.idArus mudik Lebaran Idul Fitri terus meningkat dan diperkirakan mencapai puncaknya pada hari ini Rabu (19/4/2023). Pertamina mencatat untuk isi BBM 30 liter hanya perlu 1 menit, agar tak terjadi penumpukan kendaraan di SPBU.

“Waktu pengisian BBM di SPBU rata-rata 30 liter dengan waktu 1 menit, maksimal 2 menit untuk 1 kendaraan,” kata Menteri ESDM, Arifin Tasrif, dalam kunjungannya SPBU di ruas Tol Trans Jawa untuk memastikan ketersediaan BBM saat memasuki periode mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dalam kunjungan itu dia juga memastikan stok BBM aman untuk melayani pemudik. Dia memantau kendaraan yang mengantre dan kecepatan petugas saat mengisi BBM. Menurutnya, peningkatan pengguna BBM meningkat sebanyak 48 persen hingga Selasa (18/4) malam.

“Kami melihat waktu yang diperlukan operator untuk melakukan pengisian cukup dan sudah ditanyakan untuk waktu kerja juga dalam keadaan yang baik dan bisa mengatur movement kendaraan. Puncak antrean terjadi pada SPBU KM 429, namun tetap mengalir. Pendirian kios-kios modular ini bisa memecah antrean SPBU di ruas tol dan ke depannya akan kita pertimbangkan untuk penambahan stasiun baru,” tutur Arifin.

Arifin juga berpesan, SPBU Modular lebih diekfektifkan pada saat masa Idul Fitri ini agar dapat mengurai antrean. Pembayaran di SPBU pun bisa tunai maupun nontunai dengan melakukan debit. Kementerian mengontrol stok BBM dan pengelolaan di SPBU sehingga bisa melayani konsumen dengan lebih baik lagi.

Dalam kunjungan itu, Menteri ESDM, Arifin Tasrif didampingi Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ego Legowo, serta Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Aji Anom Purwasakti.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan konsumsi BBM akan terus mengalami peningkatan dan Pertamina menyediakan stok yang cukup selama periode Idul Fitri ini.

”Puncak arus mudik diprediksi terjadi hari ini (19/4) dan esok (20/4). Kalau dilihat dari histori data, Jawa Tengah merupakan lokasi dengan pemudik tertinggi. Untuk memecah antrean keramaian SPBU, Pertamina menambah SPBU Modular yang sifatnya sementara dan menyediakan motoris. Pemudik sedang ditengah perjalanan juga bisa memanfaatkan motoris Pertamina dengan melakukan kontak ke 135 dan motoris (Pertamina Delivery Service), share location, kemudian motoris terdekat akan menghampiri dalam bentuk kemasan,” kata Nicke.

Nicke menambahkan Pertamina memprediksi per hari ini (19/4) pengguna sebanyak 78 persen. Pertamina sudah menyiapkan untuk arus mudik maupun arus balik. Pertamina juga menambahkan mobile storage, sehingga ketika membutuhkan BBM tambahan tidak menunggu mobil tangki, namun sudah standby di lokasi.

“Untuk Rest Area KM 429, per hari sekitar 250 kendaraan yang mengisi BBM saat periode mudik Idul Fitri ini, dengan jumlah transaksi terbanyak yaitu Pertalite hingga 600KL per hari,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pertamina melaksanakan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2023 sejak 1 April hingga 2 Mei 2023. Satgas Rafi ini bertujuan untuk memastikan keamanan pendistribusian energi baik BBM maupun LPG pada saat Ramadan hingga Idul Fitri 2023.

Pada masa periode Satgas RAFI 2023, gasoline mengalami kenaikan sebanyak 28 persen dan untuk gasoil mengalami penurunan sebanyak 1,8 persen. Penurunan konsumsi gasoil ini dikarenakan adanya penurunan kegiatan industri.

Pertamina Patra Niaga juga menambah armada mobil tangki, menyiapkan 644 Agen Siaga, 4.832 Pangkalan Siaga PSO, serta 882 Outlet Non-Pso yang beroperasi saat liburan di Provinsi Jawa Tengah. Bahkan Khusus wilayah dengan permintaan tinggi, beberapa Agen LPG disiagakan 24 jam.

Untuk Tol Trans Jawa di wilayah Jawa Tengah terdapat 9 titik SPBU Reguler, 1 titik SPBU Modular, serta 12 titik Pertashop. Terdapat 4 titik Motoris atau Pertamina Delivery Service yang disiagakan di Rest Area Tol Trans Jawa. Mobil siaga berada di 3 titik yaitu SPBU Exit Tol Tegal, SPBU Exit Tol Weleri, dan Rest Area KM 429. Tidak hanya itu, Pertamina Patra Niaga juga menyiagakan fasilitas kesehatan di 4 titik SPBU.



Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network