Otoritas Bandara Ahmad Yani dan Basarnas Semarang Teken Kerja Sama

Taufik Budi
Otoritas Bandara Ahmad Yani dan Basarnas Semarang Teken Kerja Sama (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Otoritas Bandara Ahmad Yani Semarang menjalin kerja sama  dengan Basarnas Semarang, terkait dengan Pelayanan Pencarian dan Pertolongan terhadap Keadaan Darurat pada Selasa (14/05/2024).

Penandatanganan kerja sama dilakukan di Gedung Administrasi Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang, oleh General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwidada, dan Kepala Basarnas Semarang, Budiono.

“Untuk ke depannya kerjasama ini tentunya akan meliputi antara lain berbagi data atau informasi, koordinasi, komunikasi, peningkatan dan pemanfaatan sumber daya manusia, Latihan operasi SAR bersama dan kegiatan-kegiatan lainnya,” kata Fajar Purwidada.

Kerja sama ini merupakan wujud komitmen bersama untuk menjaga dan meningkatkan layanan secara efektif dalam menjamin keselamatan penumpang pesawat udara. Dia menambahkan, kolaborasi dan kerja sama Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan stakeholder, termasuk Basarnas selama ini sudah berjalan dengan baik, terutama dalam kegiatan Posko Lebaran Tahun 2024 pada 3 - 18 April 2024.

“Dalam waktu dekat ini, yaitu tepatnya bulan Agustus tahun ini, Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang juga akan menggelar kegiatan Latihan PKD (Penanggulangan Keadaan Darurat) Berskala Penuh (Full Scale) yang bersifat keseluruhan,” terangnya.

“Tentunya akan menguji kesiapan, kemampuan sekaligus kesigapan seluruh personel bandara dalam menghadapi situasi keadaan darurat, serta untuk menguji dokumen yang berlaku dan Standar Operating Procedure (SOP) lainnya ketika terjadi keadaan darurat di bandara yang bisa terjadi kapan saja, tidak hanya terkait dengan kecelakaan pesawat udara saja, namun juga potensi bahaya yang lain seperti terorisme, ancaman bom, kebakaran, dan bencana alam,” ujar Fajar.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network