Dukung Pendidikan Vokasi, Daikin Resmikan Center of Excellence di SMK NU Ungaran

Taufik Budi
Dukung Pendidikan Vokasi, Daikin Resmikan Center of Excellence di SMK NU Ungaran (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - PT. Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) kembali menegaskan komitmennya untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Terbaru, perusahaan solusi tata udara asal Jepang ini meresmikan pusat keunggulan bernama DAIKIN Center of Excellence di SMK NU Ungaran, Jawa Tengah, pada Selasa (27/8/2024).

 “Pengembangan DAIKIN Center of Excellence ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan DAIKIN untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan pendidikan vokasi,” ujar Budi Mulia, Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia.

Budi menambahkan, pusat keunggulan ini menjadi yang pertama dibangun di SMK swasta, khususnya di SMK NU Ungaran. Pusat keunggulan ini didedikasikan untuk pengembangan kompetensi siswa dan tenaga pengajar.

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara DAIKIN dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada 25 Juli 2019. Kerja sama ini mencakup pengayaan kurikulum, pelatihan guru tamu, uji kompetensi, dan sertifikasi industri.

"Pusat keunggulan ini adalah tahap lanjutan dari kolaborasi kami yang telah berjalan dengan baik," jelas Budi.

Mengintip ke dalam DAIKIN Center of Excellence di SMK NU Ungaran, terlihat ruang kelas yang dilengkapi papan tulis dan perangkat pendingin udara (AC) untuk praktik langsung. Terdapat berbagai tipe AC, mulai dari yang biasa digunakan di rumah hingga yang khusus untuk bangunan komersial. Para siswa dilatih untuk melakukan instalasi, troubleshooting, hingga refrigerant recovery pada perangkat-perangkat ini.

"Selain fasilitas fisik, kami juga menyiapkan program-program pendukung untuk meningkatkan kompetensi siswa dan guru," ujar Budi.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network