SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Pabrikan mobil asal Jepang membawa semangat Omotenashi ke GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2025 di Semarang. Bertempat di Gedung Muladi Dome Universitas Diponegoro, Mazda tampil dengan menonjolkan filosofi keramahtamahan khas Jepang yang berfokus pada perhatian penuh terhadap detail.
Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio, menegaskan bahwa Mazda tidak sekadar menjual mobil, tetapi ingin menghadirkan pengalaman yang menyentuh sisi emosional penggunanya.
"Di GIIAS 2025, kami tidak hanya menampilkan produk, tetapi juga menghadirkan semangat Omotenashi, yakni keramahtamahan khas Jepang yang penuh perhatian terhadap detail,” ujarnya.
Spirit Omotenashi itu diterjemahkan Mazda dalam berbagai aspek. Mulai dari desain booth, pengalaman test drive, hingga layanan purna jual yang ditawarkan kepada pelanggan. Booth Mazda seluas 120 m² dirancang bukan sekadar ruang pameran, tetapi juga untuk menghadirkan kenyamanan dan suasana ramah bagi pengunjung.
Mazda menampilkan tiga model utama: The New CX-3 Kuro, The New CX-60 Sport, dan CX-5 Kuro. Ketiganya dirancang dengan filosofi human-centric, yang berarti semua detail mobil memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan pengemudi maupun penumpang.
Filosofi ini selaras dengan konsep Jinba-Ittai atau kesatuan antara pengemudi dan kendaraan. Mazda ingin memastikan bahwa setiap konsumen tidak hanya membeli mobil, tetapi juga mendapatkan pengalaman berkendara yang intuitif dan menyenangkan.
“Melalui KODO Design, Jinba-Ittai, dan Omotenashi, Mazda ingin menghadirkan produk yang tidak hanya indah dipandang, tapi juga punya jiwa yang bisa dirasakan saat dikendarai,” tambah Ricky.
Marketing & Communications General Manager PT Eurokars Motor Indonesia, Viya Arsawireja, menambahkan bahwa pendekatan Mazda di Semarang merupakan cara untuk memperkuat ikatan dengan konsumen Jawa Tengah, yang tahun lalu menyumbang lebih dari 12 persen penjualan nasional.
"Kami ingin setiap pengunjung merasa dihargai dan terkoneksi secara emosional dengan brand Mazda, merasakan langsung bagaimana Omotenashi diwujudkan dalam pengalaman berkendara,” jelasnya.
Selain model unggulan, Mazda juga membuka kesempatan test drive dua unit andalannya: CX-3 Kuro dan CX-5 Kuro. Melalui sesi ini, pengunjung dapat merasakan secara langsung bagaimana filosofi Omotenashi dan Jinba-Ittai diimplementasikan dalam kenyamanan, performa, dan kepraktisan kendaraan.
Untuk memperkuat layanan jangka panjang, Mazda juga menghadirkan program purna jual seperti 5-Years MyMazda Warranty dan 3-Years MyMazda Service. Layanan ini mencakup garansi kendaraan dan perawatan gratis, mencerminkan konsistensi Mazda dalam merawat konsumen setelah proses pembelian.
Editor : Enih Nurhaeni
Artikel Terkait
