get app
inews
Aa
Read Next : Bawa Celurit, Dua Remaja Diamankan Hendak Tawuran di Bambanglipuro Bantul 

Hormati Nyi Roro Kidul, Jumat Kliwon Nelayan Laut Selatan Pantang Melaut

Kamis, 04 Agustus 2022 | 09:26 WIB
header img
Hormati Nyi Roro Kidul, Jumat Kliwon Nelayan Laut Selatan Pantang Melaut (Ist)

BANTUL - Hormati Nyi Roro Kidul, nelayan Laut Selatan Pulau Jawa khususnya di pesisir Bantul memiliki pantangan untuk libur atau berhenti melaut. Ada dua hari yang disakralkan bagi nelayan dan tidak diperkenankan untuk melaut, yakni Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon

Nelayan asal Pantai Samas, Kalurahan Srigading Kapanewon Sanden Bantul Tri Mulyadi mengatakan, kepercayaan hari naas bagi nelayan sudah dipercaya sejak dulu. Mereka tidak akan melaut pada hari Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon.

"Sejak simbah saya, sejak Pantai Samas itu pertama kali digunakan melaut kalau Jumat Kliwon itu sepanjang hari, kalau Selasa Kliwon dilarang melaut pagi hari, itu sudah sejak dulu. Tidak hanya di Bulan Suro saja," tutur Tri, Rabu (3/8/2022). 

Larangan ini disepakati oleh nelayan sejak dulu dari Pantai Pandansimo hingga ke pantai di Gunungkidul. Setiap Jumat Kliwon, semua perahu milik nelayan harus diparkirkan dan tidak boleh ada yang melaut mencari ikan.

Tak hanya nelayan yang mencari ikan dengan perahu, nelayan yang mencari ikan dari pinggir pantai menggunakan jaring eret pun dilarang beraktivitas mencari ikan.

"Menurut simbah dahulu, itu untuk menghormati Simbah Penguasa Laut Selatan, Nyai Roro. Kalau dilanggar pasti ada kejadian negatif melanda," ujar dia.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut