get app
inews
Aa Read Next : Pedagang Batik Pasar Johar Melek QRIS: Lebih Simpel Layani Konsumen

Es Teh Manis Mama Anis Jadi Primadona di New Pasar.id

Senin, 18 Desember 2023 | 23:00 WIB
header img
Es Teh Manis Mama Anis Jadi Primadona di New Pasar.id (Ist)

Keberlanjutan Pasar Tradisional

Saat ini, jumlah pedagang di Pasar Bintoro mencapai 400-450 orang, dan yang menjadi nasabah BRI sekira 200 orang. Sementara, sudah ada 16 pedagang di Pasar Bintoro yang bergabung dengan New Pasar.id, menjual berbagai produk seperti sembako, plastik, makanan, minuman, dan lainnya.

“Sebenarnya saat ini kita masih dalam tahap pengenalan aplikasi New Pasar.id. target kita untuk tahun depan, setidaknya bisa mengajak 100 pedagang pasar untuk bergabung di aplikasi ini. Sasarannya adalah pedagang di dalam pasar maupun sekitar pasar,” kata PIC New Pasar.id Bintoro, Edi Setiawan.

“Sebetulnya banyak yang mau ikut gabung, tapi kita lakukan seleksi dan verifikasi agar pedagang yang bergabung benar-benar sesuai kriteria dan bisa melayani pembeli dengan baik. Jangan sampai ketika pembeli sudah mau transaksi malah cancel akibat pedagang belum siap,” lanjutnya.

Menurutnya para pedagang di Pasar Bintoro mayoritas berusia di atas 30 tahun, sehingga perlu edukasi khusus menggunakan aplikasi New Pasar.id. Meski demikian, mereka memiliki anak atau saudara dari generasi Y dan Z yang sudah terbiasa dengan teknologi.

"Kami melihat bahwa generasi muda ini memiliki potensi besar untuk memajukan usaha pedagang tradisional. Dengan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi, diharapkan pasar tradisional dapat terus bersaing dan bertahan di era digital," tambahnya.

Inovasi New Pasar.id tak hanya membawa kemudahan bagi pedagang Pasar Bintoro Demak dalam berjualan online, tetapi juga diharapkan menjadi jaminan keberlanjutan pasar tradisional di era digital. Selain itu pangsa pasar juga lebih luas karena tak hanya bergantung pada pembeli yang datang.

“Selama ini pola dagang di pasar tradisional itu hanya menunggu pembeli datang. Padahal banyak pula pedagang yang lapaknya ada dalam, dan jauh dari jangkauan pembeli. Nah di sinilah pentingnya New Pasar.id karena barang dagangan yang tak terlihat pembeli bisa ditampilkan melalui pasar online,” jelasnya.

"New Pasar.id tidak hanya untuk memudahkan proses transaksi, tetapi juga untuk memastikan keberlanjutan pasar tradisional dengan memperluas market ke dunia maya. Generasi Y dan Z ini akan menjadi penerus pedagang di pasar tradisional dengan market yang lebih luas," tutur dia.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut