get app
inews
Aa Read Next : Pedagang Batik Pasar Johar Melek QRIS: Lebih Simpel Layani Konsumen

Es Teh Manis Mama Anis Jadi Primadona di New Pasar.id

Senin, 18 Desember 2023 | 23:00 WIB
header img
Es Teh Manis Mama Anis Jadi Primadona di New Pasar.id (Ist)

Kelas UMKM

Manager Bisnis Mikro BRI Demak, Erna Aryanti, menyampaikan bahwa aplikasi New Pasar.id dirancang membantu UMKM di sekitar pasar untuk menjual produk secara online. Aplikasi yang dikembangkan oleh BRI ini telah membawa kemudahan bagi para pedagang Pasar Bintoro Demak.

"Aplikasi ini merupakan pengembangan dari website pasar sebelumnya, yang dinilai ribet dalam penggunaannya. Sebelumnya, web pasar ini menggunakan kurir khusus, tetapi sekarang dengan New Pasar.id, pedagang dapat menggunakan jasa kurir," kata Erna.

Erna menjelaskan bahwa New Pasar.id memberikan kemudahan bagi pedagang dengan biaya layanan administrasi yang terjangkau. Aplikasi ini dirancang untuk melayani konsumen pembeli dalam radius sekitar 10 kilometer dari Pasar Bintoro, dengan biaya ongkos kirim rata-rata Rp10.000.

"Bila e-commerce lain membebankan biaya layanan admin sebesar Rp1.000, tapi di New Pasar.id cuma Rp100. Maka dari itu, pedagang tidak perlu menaikkan harga produk mereka untuk menutupi biaya tersebut," tambahnya.

Untuk pengembangan, akan dilakukan kelas UMKM guna mengedukasi pedagang. Mereka akan diberi pelatihan tentang cara meningkatkan penjualan dengan menggunakan aplikasi ini, agar dagang makin mudah dan belanja makin murah.

“Melalui edukasi ini diharapkan para pedagang dapat memanfaatkan digitalisasi dan teknologi untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar tradisional. Nanti tanggal 20 Desember, akan diadakan kegiatan sosialisasi New Pasar.id di Pasar Bintoro untuk terus memperkenalkan aplikasi ini kepada lebih banyak pedagang dan konsumen di Demak,” pungkasnya.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut