get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Cerita UMKM Tumbuh di Lokasi Wisata Saloka Kabupaten Semarang

Jum'at, 02 Februari 2024 | 16:26 WIB
header img
Cerita UMKM Tumbuh di Lokasi Wisata Saloka Kabupaten Semarang (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Sejumlah UMKM tumbuh dan berkembang di lokasi wisata Saloka Theme Park, Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Kawasan wisata itu juga memberi lapangan kerja serta berbagai peluang usaha untuk UMKM sekitar.

Seperti disampaikan Siyamto (46), pemilik gerai Susu Segar Pak Si. Dia merasakan peningkatan penjualan produk yang sangat bagus meski kerja sama baru berjalan selama 1 bulan.

“Peluang pasar di sana (Saloka) sangat bagus, omzet penjualan produk jadi meningkat dan tenaga kerja saya setiap hari ada kepastian jam kerja untuk terus produksi,” ucap Siyamto, pemilik UMKM Susu Segar Pak Si saat diwawancarai langsung di outlet pribadinya.

Firman Aji, pemilik UMKM kerajinan Bengok Craft juga mengungkapkan dampak positif saat usahanya berkolaborasi dengan Saloka. Di antaranya bisa mengenalkan kerajinan dari tanaman eceng gondok ke masyarakat luas, produknya yang laku terjual karena terjadi perputaran produk, dan pengembangan brand Bengok Craft semakin dikenal.

Saloka yang memiliki lahan parkir luas sebagian dimanfaatkan sebagai area berjualan pedagang dengan membuka kios-kios atau warung makan. Manfaat ini sangat terasa bagi para pedagang-pedagang, salah satunya perempuan bernama Badiyah.

“Dulu sewaktu kerja di pabrik, saya susah sekali ada waktu untuk anak dan keluarga. Namun, setelah berjualan di parkiran Saloka ini, saya jadi bisa cari uang sambil memantau perkembangan anak saya,” jelas Badiyah, pedagang warung makan di area parkir bus Saloka.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut