get app
inews
Aa Read Next : Pedagang Batik Pasar Johar Melek QRIS: Lebih Simpel Layani Konsumen

Bangun PLTMH di Pucuk Kendal, PLN Indonesia Power UBP Semarang Dipuji Wapres

Rabu, 08 Mei 2024 | 21:31 WIB
header img
Bangun PLTMH di Pucuk Kendal, PLN Indonesia Power UBP Semarang Dipuji Wapres (Ist)

JAKARTA, iNewsJoglosemar.id – PLN Indonesia Power UBP Semarang membangun PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro) Ngesrep Balong sebesar 1.000 Watt yang digunakan untuk mendukung usaha Kafe Kopi Pucu’e Kendal milik UMKM Kopi Endemik. Listrik yang dihasilkan digunakan untuk penerangan kafe, power dom pengeringan kopi, dan mendukung kegiatan operasional kafe.  

Pada 2023, PT PLN Indonesia Power UBP Semarang melakukan penambahan daya PLTMH Ngesrep Balong menjadi 3.000 Watt seiring dengan kebutuhan listrik yang bertambah di area tersebut. Selanjutnya, akan dibangun replikasi PLTMH Ngesrep Balong di area lain. 

Tak hanya itu, PT PLN Indonesia Power juga mendukung kemajuan usaha masyarakat dengan membantu UMKM Kopi Endemik mendapatkan legalitas kelompok tani, PIRT dan halal. PT PLN Indonesia Power UBP Semarang juga turut membantu pemasaran produk dengan berbagai kegiatan pameran yang diikuti oleh mitra binaan khususnya UMKM Kopi Endemik.

Pemberdayaan ini masih terus dikembangkan hingga nantinya masyarakat di Ngesrep Balong, Kendal dapat mandiri. Program itu mendapat apresiasi dari Kementerian Pengembangan Desa Tertinggal dan Transmigrasi bersama dengan ISSF.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut