get app
inews
Aa Read Next : Zurich Lanjutkan Program Kewirausahaan, Sasar Lebih dari 3.700 Siswa di 14 Kota

Aktivitas Gunung Merapi Hari Ini! Guguran Lava Sejauh 1,1 Km ke Kali Bebeng

Kamis, 25 Juli 2024 | 05:40 WIB
header img
Aktivitas Gunung Merapi Hari Ini! Guguran Lava Sejauh 1,1 Km ke Kali Bebeng (Foto: Dok Pos Pengamatan Babadan)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya dengan meluncurkan guguran lava sejauh 1,1 kilometer ke arah Kali Bebeng. Aktivitas ini terpantau Rabu (24/7/2024) dari pukul 00.00 hingga 24.00 WIB.

Pengamatan Visual

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Kabupaten/Kota Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah, sepanjang hari terlihat jelas meski sesekali tertutup kabut. Asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis teramati membumbung setinggi 200 meter dari puncak. Kondisi cuaca bervariasi antara cerah hingga mendung, dengan angin tenang yang mengarah ke barat, memungkinkan pengamatan yang lebih optimal.

Aktivitas Vulkanik

Tiga kali guguran lava yang mengarah ke Kali Bebeng tercatat dengan jarak luncur maksimum mencapai 1,1 kilometer. Aktivitas ini menjadi indikasi bahwa suplai magma masih berlangsung di dalam tubuh Gunung Merapi, memberikan peringatan kepada masyarakat dan pihak berwenang untuk tetap waspada.

Klimatologi

Cuaca di sekitar Merapi terpantau cerah hingga mendung dengan suhu udara berkisar antara 15,4-23,6°C. Kelembaban udara berada di rentang 35-99% dan tekanan udara antara 871,5-918,3 mmHg, menciptakan kondisi yang cukup dinamis untuk aktivitas vulkanik.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut