TMMD Buka Jalan Alas Malang: Tak Ada Lagi Cerita Ibu Hamil Meninggal Ditandu

Taufik Budi
Pasukan TNI membabat hutan membuka akses jalan kampung terisolasi Alas Malang, Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. (Foto: Dok TMMD)

BLORA – Peristiwa memilukan 11 tahun lalu masih sangat membekas bagi warga Alas Malang, sebuah kampung di tengah hutan Kecamatan Jati Kabupaten Blora Jawa Tengah. Kala itu seorang ibu hamil mengembuskan napas terakhir di atas tandu warga.

Perempuan yang tengah memasuki hari perkiraan lahir (HPL) tersebut sudah kontraksi hendak melahirkan. Warga yang biasa membantu proses persalinan di kampung itu, sudah berusaha keras. Beragam cara dilakukan untuk menyambut kelahiran sang bayi. Namun usaha-usaha itu belum membuahkan hasil.

BACA JUGA:

Viral! Nenek 65 Tahun Diserang Kelompok Klitih Jogja, Helm Pecah Dihantam

Sementara memanggil petugas medis ke lokasi kampung juga tak mudah. Hutan belantara dan jalan setapak yang hanya bisa dilalui langkah kaki -atau sepeda onthel dan motor saat musim kemarau-, menjadi penghalang masyarakat Alas Malang mendapatkan akses kesehatan yang layak.

Hingga diputuskan membuat tandu sederhana untuk membawa ibu hamil itu ke Puskesmas Doplang, layanan kesehatan terdekat dengan fasilitas cukup memadai. Untuk menjangkaunya, jarak terdekat menembus belantara hutan tetap lebih dari 9 kilometer. Nahas, dalam perjalanan ibu hamil itu meninggal dunia.

BACA JUGA:

Gadis Muda Diperkosa Sopir Travel, Teriakannya Menyayat Hati Polisi

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network