Ridwan Kamil Datangi UGM, Kampanye Indonesia Primadona Energi Terbarukan

Erfan Erlin
Ridwan Kamil Datangi UGM, Kampanye Indonesia Primadona Energi Terbarukan (Foto: Erfan Erlin)

JOGJA, iNewsJoglosemar.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil datangi UGM sebagai pembicara dalam Talkshow Transisi Energi Masa Depan Transisi Energi Terbarukan Indonesia. Dia menyebut Indonesia akan menjadi negara primadona energi terbarukan. 

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu menyampaikan, setelah dihitung Kota se-Indonesia, panas bumi, panas matahari, air mengalir kemudian air dan angin total bisa sampai 400.000 megawatt. Padahal seluruh indonesia hanya akan mengkonsumsi setengahnya, maka sisanya Indonesia akan menjadi negara primadona energi terbarukan. 

"Kalau hari ini minyak bumi Arab Saudi di rezim migrasi Arab Saudi tapi direzim energi terbarukan nanti Indonesia yang akan jadi primadona energi bersih," kata dia, Rabu (5/7/2023).

Dirinya kini juga tengah berjuang bersama 150 penghasil energi panas bumi untuk mendapat keadilan bagi hasil dari eksploitasi. Dari 150 daerah penghasil energi, saat ini baru enam daerah yang mendapatkan insentif yang adil dan terakhir adalah Lampung.

Dia hadir sebagai Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan. RK mengatakan kehadirannya ke UGM ini untuk meningkatkan kesadaran para mahasiswa untuk lebih peduli lagi dengan lingkungan.

Ancaman global warming sekarang lebih nyata ketimbang dengan perang bersenjata. Kawula muda harus mulai peduli dengan peristiwa-perisriwa yang terjadi di sekelilingnya.

"Sekarang makin banyak petani yang  gagal panen. kopi-kopi produksi turun ini jangan disepelekan oleh generasi muda mereka yang akan hidup lebih lama dari kita makanya saya ke sini memotivasi dalam rangka memerangi namanya pemanasan global atau perubahan iklim," kata Kang Emil.

Kang Emil mengatakan dia berusaha mengajak mahasiswa untuk perang terhadap global warming dengan cara-cara berhimpun, mengubah gaya hidupnya, gaya bergeraknya, mobilitasnya dan lain-lain.

Menurutnya jika  dia bisa mempengaruhi pikiran-pikiran anak muda ini maka mereka bisa menyelamatkan masa depan mereka semua. Perubahan energi dari energi fosil menuju ke energi terbarukan sudah tidak terelakkan demi anak cucu di masa yang akan datang.

Di Jawa Barat sendiri semangat itu sudah ada di mana Ridwan Kamil sudah mulai menghentikan pembelian mobil dinas dengan mengganti menyewa mobil listrik untuk para pejabat daerah. Di samping juga ada kewajiban menanam pohon bagi pasangan yang menikah hingga bagi warga yang mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Subsidi kendaraan listrik itu penting namun juga subsidi kendaraan umum harus dilakukan," katanya.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network