Pedagang Batik Pasar Johar Melek QRIS: Lebih Simpel Layani Konsumen

Taufik Budi
Pedagang Batik Pasar Johar Melek QRIS: Lebih Simpel Layani Konsumen (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Transaksi digital menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) kini banyak menjadi pilihan masyarakat karena lebh mudah dan praktis. Termasuk para pedagang batik di Pasar Johar Kota Semarang, yang kini sudah banyak menggunakan teknologi tersebut.

"Sekarang banyak yang pakai QRIS. Kalau dulu sih banyak yang transfer, tapi sekarang mulai banyak beralih pakai QRIS. Kadang-kadang untuk pembelian sebesar Rp10.000 pun mereka memilih menggunakan QRIS. Lebih simpel,” kata Wahyu Puspaningsih, pedagang batik di Pasar Johar, Kamis (25/4/2024).

“Kami melayani semua pilihan transaksi, dan kadang mengarahkan konsumen untuk menggunakan transaksi digital yang mereka pilih. Meskipun kami telah memberikan saran, namun pada akhirnya yang terpenting bagi kami adalah pembayaran telah dilakukan," ungkap dia.

QRIS adalah standar kode QR Nasional yang memfasilitasi pembayaran menggunakan kode QR di Indonesia. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Dilansir dari wesite resmi BRI, manfaat transaksi menggunakn QRIS yakni transaksi menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat memangkas waktu antrean, QRIS dapat diterima oleh seluruh e-wallet dari berbagai metode pembayaran dengan maksimal pembayaran Rp2.000.000 per transaksi. Manfaat berikutnya adalah penyedia aplikasi pembayaran dapat menetapkan batas nominal kumulatif harian dan/atau bulanan atas transaksi QRIS yang dilakukan oleh setiap pengguna QRIS, ditetapkan sesuai mitigasi risiko pengguna.

Editor : Enih Nurhaeni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network