Aktivitas Merapi Meningkat, Warga Diminta Waspada terhadap Suplai Magma

Taufik Budi
Aktivitas Merapi Meningkat, Warga Diminta Waspada terhadap Suplai Magma (Ist)

JOGJA, iNewsJoglosemar.id - Aktivitas vulkanik Gunung Merapi terus menunjukkan peningkatan, seiring dengan terjadinya suplai magma yang masih berlangsung. Pada Sabtu pagi, 10 Agustus 2024, pengamatan kegempaan mencatat adanya 21 kali gempa guguran, satu kali gempa hybrid, dan satu kali gempa vulkanik dangkal. Aktivitas ini menunjukkan bahwa gunung yang terletak di perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut masih berada dalam kondisi aktif.

Pengamatan visual terhadap Gunung Merapi pada pagi itu tidak memperlihatkan adanya asap kawah, meski gunung tertutup kabut. Cuaca di sekitar Merapi tampak mendung, dengan suhu udara yang berkisar antara 17 hingga 17,8°C, serta kelembaban yang mencapai 99%. Angin yang bertiup tenang mengarah ke barat, memperlihatkan kondisi yang relatif stabil di permukaan.

Meski begitu, aktivitas di dalam tubuh Gunung Merapi tidak bisa diabaikan. Suplai magma yang terus berlangsung bisa memicu terjadinya awanpanas guguran, terutama di sektor selatan-barat daya, yang meliputi Sungai Boyong, Bedog, Krasak, dan Bebeng. Potensi bahaya ini mencakup jarak hingga 7 km dari puncak, sehingga masyarakat di daerah tersebut diminta untuk waspada.

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang menekankan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan apapun di dalam daerah potensi bahaya. Warga juga diimbau untuk selalu siap menghadapi kemungkinan bahaya lahar dan awanpanas guguran (APG), terutama ketika hujan turun di sekitar kawasan Gunung Merapi. Lontaran material vulkanik bisa mencapai radius 3 km dari puncak, memberikan ancaman tambahan yang harus diwaspadai.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network