Potensi Bahaya Lava dan Awanpanas di Sektor Selatan-Barat Daya Gunung Merapi

Taufik Budi
Potensi Bahaya Lava dan Awanpanas di Sektor Selatan-Barat Daya Gunung Merapi (Pos Kaliurang)

Selain itu, masyarakat di sekitar Gunung Merapi juga diimbau untuk waspada terhadap lontaran material vulkanik jika terjadi letusan eksplosif. Material ini dapat menjangkau radius 3 km dari puncak gunung, yang dapat menimbulkan bahaya serius bagi penduduk di sekitar kawasan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengikuti arahan dari pihak berwenang.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, suplai magma di dalam Gunung Merapi masih terus berlangsung. Hal ini dapat memicu terjadinya awanpanas guguran di dalam daerah potensi bahaya. Oleh karena itu, masyarakat di sekitar Gunung Merapi harus tetap waspada dan mematuhi rekomendasi yang diberikan oleh otoritas setempat.

Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun di dalam zona potensi bahaya dan untuk selalu siap menghadapi kemungkinan terburuk. Jika terjadi perubahan signifikan dalam aktivitas vulkanik, tingkat aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali oleh pihak berwenang, dan informasi terbaru akan segera disampaikan kepada masyarakat.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network