SEMARANG – Bikers motor ketika berkendara kadang mengalami bagian bawah motor gasruk atau mentok di jalan terutama pada polisi tidur. Ada empat hal yang perlu diketahui bikers terutama yang mengendarai motor bebek dan motor matik agar terhindar dari sepeda motor “kegasruk”, yaitu:
BACA JUGA:
Paspampres Bawa Senjata Laras Panjang Kawal Presiden Jokowi ke Ukraina
- Manfaatkan postur berkendara aman
Gunakan pandangan mata untuk mengumpulkan infomasi yang seluas dan selengkapnya tentang situasi termasuk kondisi permukaan jalan di depan. Makin tinggi kecepatan maka jarak pandang harus mampu melihat lebih jauh. Jika berkendara 40 km/jam minimal jarak pandang ke depan sejauh 22 meter agar memiliki kesempatan untuk merespons dan mengoperasikan kendaraan dengan tepat agar terhindar dari bagian badan jalan yang menyebabkan kegasruk atau kepentok.
- Pahami desain dan ukuran dari kendaraan yang kita gunakan
Desain motor matik umumnya akan menempatkan mesin di bagian tengah ke belakang. Mesin motor bebek berada di tengah cenderung ke depan. Karena kebutuhan peletakan bagasi (lugage box), lantai kaki (step floor) di motor matik dan rangka tengah yang rendah di motor bebek menyebabkan mesin terletak paling dekat dengan permukaan tanah. Sepeda motor matik Honda memiliki jarak terendah ke tanah yang lebih tinggi.
BACA JUGA:
Istri Perwira Polisi Kepergok Selingkuh di Kamar, Hanya Pakai Daster Tipis
Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto