get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Bunda Iyak dari Banker Jadi Tukang Rias, Kini Sukses Pengusaha Tahu Petis

Minggu, 24 Maret 2024 | 16:19 WIB
header img
Bunda Iyak dari Banker Jadi Tukang Rias, Kini Sukses Pengusaha Tahu Petis (Foto: Taufik Budi)

JAKARTA, iNewsJoglosemar.id – Menjadi banker atau bekerja di perbankan tak selalu menjadi pilihan yang nyaman. Seorang perempuan di Kota Semarang, memilih keluar dari pekerjaannya dan memilih menekuni sebagai pedagang tahu petis.

Dialah Yulia Dwipta Wahyu Kristiani, yang akrab dipanggil Bunda Iya. Setelah 15 tahun bekerja sebagai banker perbankan swasta, pada tahun 2012, Yulia memutuskan untuk mengejar passion-nya sebagai seorang makeup artist, atau dalam bahasa Jawa dikenal sebagai "tukang rias".

"Awalnya, saya hanya memiliki hobi merias wajah saat masih menjadi banker. Banyak klien yang saya layani, namun tak sedikit yang tidak membayar karena saya masih bekerja sebagai banker pada saat itu," ujar Bunda Iyak kepada iNewsJoglosemar.id di Rumah BUMN Semarang, Jumat (22/3/2024).

Namun, keadaan berubah drastis ketika pandemi Covid-19 melanda. Bisnis makeup artist Yulia terdampak secara signifikan, dan beberapa klien yang telah memberikan uang muka bahkan membatalkan pesanan. Namun, di tengah kesulitan itu, Yulia menemukan peluang baru yakni bisnis tahu petis.

“Saya pernah diminta teman-teman untuk memasak dalam acara halal bihalal, kebetulan belum ada restoran yang buka waktu itu. Kemudian saya memasak snack-nya berupa tahu dan petis bikinan sendiri,” terangnya.

“Dan ternyata tahu petis saya itu sangat laris manis oleh teman-teman, jadi rebutan. Terus teman-teman bilang, kenapa enggak jualan aja tahu petisnya kan enak. Lalu awalnya saya menjualnya secara online," tutur Yulia.

Dengan semangat baru, Yulia mulai menjual tahu petis secara online melalui berbagai platform seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Lantas bergabung dengan Rumah BUMN BRI yang memberikan dorongan tambahan bagi bisnisnya.

"Saya bergabung di Rumah BUMN BRI sejak 2019 akhir. Saya mendapatkan banyak bantuan dan pelatihan untuk mengembangkan usaha saya. Bahkan, BRI juga menjadi salah satu konsumen utama produk tahu petis saya," tambahnya.

“Di sini kita juga diajari tentang fotografi untuk food. Tujuannnya agar produk makanan kita bisa menarik perhatian konsumen. Ini sangat penting, apalagi jika pasar kita menggunakan e-commerce. Foto sangat penting,” tutur dia.

Tahu petis buatan Yulia telah merambah pasar di seluruh Indonesia, dari Sumatera hingga Maluku. Produknya terdiri dari berbagai varian tahu petis, seperti tahu petis original, tahu petis steak, tahu bakso colek petis, dan masih banyak lagi. Harga yang terjangkau mulai dari Rp25.000 untuk reseller membuat produknya semakin diminati.

"Saya memastikan bahwa tahu petis yang saya produksi tidak mengandung pengawet dan dikemas dengan baik menggunakan aluminium foil di dalam dan di luarnya segel plastik, untuk menjaga kualitasnya," jelas Yulia.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut