get app
inews
Aa Read Next : Dinas Perdagangan Kota Semarang: Sidak Pangkalan LPG Minimal Sebulan Sekali

Cegah Emosi Meledak Anak Autis di Pesawat, Begini Pentingnya Ruang Multisensori

Minggu, 09 Oktober 2022 | 09:32 WIB
header img
Cegah Emosi Meledak Anak Autis di Pesawat, Begini Pentingnya Ruang Multisensori (Foto: Infokoms)

SEMARANG – Ruang multisensori di Bandara Ahmad Yani Semarang memiliki fungsi penting bagi anak autis. Ruangan tersebut bakal meredam emosi dan tantrum anak-anak autis untuk mencegah mereka mengamuk di pesawat terbang.

Sensori room (ruang multisensori) dirasakan betul manfaatnya oleh teman-teman Airline Garuda yang menyampaikan ke kami,” kata perwakilan dari PT. Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani semarang, I Wayan, ketika FGD “Advokasi Pelaksanaan CRPD: Penerimaan dan Penyediaan Lingkungan Akomodatif bagi Individu Autistik” yang digelar Yayasan Yogasmara, belum lama ini.

“Jadi dulu ketika dia (anak autis) keluar dari sensori room sudah rileks. Biasanya anak autis ini diperiksa (saat boarding) enggak nyaman. Kalau dia tidak ditenangkan maka meledaknya di pesawat, nangis, teriak, histeris,” lanjut dia.

Ruang multisensori memiliki dua tipe kegunaan dengan mengubahnya menjadi ruangan putih (white room) dan ruangan gelap (black room). White room berguna untuk menciptakan rasa aman, santai, dan memberikan sensasi nyaman kepada anak dengan autisme.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut