get app
inews
Aa Read Next : Film The Architecture of Love: Nicholas Saputra dan Putri Marino Sukses Aduk Perasaan Penonton

Silvia: Muda, Kaya dan Banyak Karya

Jum'at, 22 Maret 2024 | 18:23 WIB
header img
Silvia: Muda, Kaya dan Banyak Karya (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Silvia Wibisari, seorang wanita berusia 28 tahun asal Kota Semarang, menciptakan gelombang baru dalam dunia bisnis fesyen. Meski tak memiliki latar belakang pendidikan formal bidang ekonomi maupun keterampilan, wanita muda itu kini sukses menggeluti produksi tas cantik.

“Saya malah latar belakang pendidikan dalam bidang kesehatan yaitu Rekam Medis dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, lalu lanjut ke pendidikan S1 Pendidikan IKIP Veteran,” ujar Silvia, Jumat (22/3/2024).

“Jadi saya itu guru juga di sekolah di tempat tinggal saya. Ada juga beberapa kamar kos yang saya kelola. Lumayan lah untuk tambah-tambah penghasilan,” lanjut perempuan berkerudung itu.

Meski telah memiliki kesibukan dengan penghasilan tiap bulan, namun Silvia tak lantas berpangku tangan. Dia menciptakan sebuah brand produk bernama Capella Luxury, yang menghadirkan keindahan dalam bentuk tas anyaman dari plastik olahan polyester.

Dalam wawancara eksklusif dengan iNewsJoglosemar.id di Rumah BUMN Semarang, Silvia menceritakan tentang perjalanannya yang inspiratif dalam membangun brand ini.

"Awalnya, saya tertarik untuk memanfaatkan limbah plastik dan mendukung gerakan go green. Saya melihat potensi besar dalam mengolah limbah plastik menjadi produk yang bernilai, dan itulah mengapa saya memilih tas sebagai produk utama saya," ungkap Silvia.

Produk tas Capella Luxury tidak hanya mengutamakan keindahan, tetapi juga keamanan dan kenyamanan pengguna. Silvia selalu memastikan bahwa setiap tas dilengkapi dengan kunci, pengait, atau resleting untuk keamanan ekstra. Selain itu, Silvia juga menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti kulit asli untuk meningkatkan kualitas dan daya tahan produknya.

Meskipun dimulai pada masa pandemi Covid-19 sekira tahun 2020, Capella Luxury telah berhasil menembus pasar sejumlah pulau dan kota besar di Indonesia melalui platform online dan e-commerce. Dengan harga yang bersaing, berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp450 ribu, tas Capella Luxury semakin diminati oleh para pecinta fesyen.

Tak hanya fokus pada produksi, Silvia juga memperhatikan aspek sosial dan ekonomi. Dia bekerja sama dengan beberapa pengrajin lokal untuk membantu dalam proses produksi tas, memberikan kesempatan kerja kepada mereka.

“Untuk kapasitas produksi sekira mencapai 50 pcs per bulan. Karena dulu pernah memenuhi pesanan tas sebanyak itu bisa kita kerjakan sebulan. Kita juga melayani permintaan custom dari para pembeli,” terangnya.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Berita iNews Joglosemar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut