get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Catat! UMKM Ingin Berkembang Wajib Siapkan Biaya Promosi

Selasa, 30 April 2024 | 22:05 WIB
header img
Catat! UMKM Ingin Berkembang Wajib Siapkan Biaya Promosi (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Pelaku UMKM prelu memahami pentingnya biaya promosi untuk mengembangkan usaha mereka. Apalagi, pada era digital sekarang ini persaingan semakin ketat sehingga perlu ciri khas atau pembeda dari tiap produk agar dikenal konsumen.

“Era sekarang ini kita (UMKM) dipaksa untuk iklan. Tentu disesuaikan kebutuhan masing-masing,” kata ahli strategi pemasaran sekaligus narasumber pelatihan Sales Management, Jessica Iriyana, di Rumah BUMN Semarang, Selasa (30/4/2024).

Pelatihan Sales Management ini menjadi salah satu upaya untuk membekali pelaku UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola penjualan. Pelaku UMKM mesti memahami bahwa penjualan tidak hanya tentang produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga tentang memahami kondisi pasar, perkembangan ekonomi, dan preferensi konsumen di daerah tersebut.

“Pahami kondisi pasar. Lihat perkembangan ekonomi dan lihat demografi. Bisa jadi misalnya konsumen minimarket di daerah sana suka produk tertentu, tetapi tidak sama dengan daerah lain,” katanya.

Menurut Jessica, pasar saat ini cenderung beralih ke platform digital seperti TikTok yang telah berkolaborasi dengan toko online dan layanan pengantaran seperti Tokopedia dan Gojek. Di sisi lain, Facebook lebih berfokus pada konten yang menarik minat konsumen.

Dalam konteks penjualan, TikTok menjadi platform yang efektif karena dapat menjangkau lebih banyak konsumen potensial. Namun, untuk mengiklankan di platform tersebut, perusahaan perlu mengalokasikan biaya promosi yang cukup besar mengingat jumlah UMKM yang terdaftar di Semarang mencapai ribuan.

“Sales management tiap usaha pasti ada. Aktivitas perencanaan dan pengawasan seluruh produk atau jasa, untuk meningkatakan penjualan dan keuntungan,” ujar dia.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut