get app
inews
Aa Read Next : Senyum Bibit Waluyo di Halal Bihalal, Mantan Gubernur Jateng yang Sempat Dikalahkan Ganjar Pranowo

Dosen Elektro Undip Berubah Haluan, Memulai Usaha UMKM di Usia 69 Tahun

Senin, 29 April 2024 | 21:57 WIB
header img
Dosen Elektro Undip Berubah Haluan, Memulai Usaha UMKM di Usia 69 Tahun (Foto: Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Iman Setiono, seorang dosen elektro berusia 69 tahun dari Universitas Diponegoro (Undip), menunjukkan semangat baru dalam dunia bisnis dengan memulai usaha UMKM. Dia aktif mengikuti berbagai pelatihan untuk mengembangkan keterampilan bisnisnya.

Iman yang tinggal di Tlogosari Kota Semarang memasuki usia pensiun pada 2019. Tak ingin hanya berpangku tangan di masa tua, dia aktif mengikuti berbagai pelatihan. Hingga, Iman mantap memulai langkahnya dalam dunia bisnis UMKM pada 2022.

Keputusannya untuk terjun ke dunia bisnis ini dipicu oleh rasa ingin terus belajar dan mengembangkan diri. Meskipun pada awal latar belakang pendidikannya adalah teknik elektro yang berkutat pada keilmuan listrik tegangan tinggi.

Iman mengikuti berbagai pelatihan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Semarang, dengan materi food and beverage serta roti dan kue. Meskipun menghadapi tantangan dalam menjaga kualitas produknya, terutama produk roti yang cepat kedaluwarsa, Iman tetap semangat dan berusaha untuk terus belajar.

“Setelah pelatihan itu, ilmu tersebut saya gunakan, saya aplikasikan. Sebab, kalau cuma ikut program pelatihan kan percuma. Saya terus belajar membuat produk-produk,” kata Iman di Rumah BUMN Semarang milik Bank Rakyat Indonesia (BRI), Jalan Sultan Agung Kota Semarang, Senin (29/4/2024).

“Seperti roti-roti itu cepat expired, paling hanya bertahan 2-3 hari. Ini menjadi masalah, dan berisiko kalau enggak terjual, karena enggak bisa didaur ulang,” imbuhnya.

Editor : Enih Nurhaeni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut