BATANG – Dosen Undip bongkar rahasia cara branding produk UMKM di Batang Jawa Tengah agar lebih diminati konsumen. Cara membranding usaha bukan sekadar asal memberi nama pada produk, melainkan perlu spesifikasi yang jelas agar dikenal banyak orang.
Pelatihan branding UMKM digelar Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro (Undip) Kampus Batang, pada Sabtu (12/11/2022). Kegiatan ini sekaligus sebagai wujud Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M).
Pelatihan ini diadakan di Kampus PSDKU Undip Batang dan difasilitasi oleh Program Studi D3 Hubungan Masyarakat. Tujuannya, agar kampus yang terletak di Desa Tumbrep, Kabupaten Batang ini dapat memberikan manfaat pada lingkungan sekitar.
Peserta pelatihan merupakan pelaku UMKM di bidang makanan dan usaha online fashion. Nantinya para pelaku UMKM akan juga difasilitasi stan jualan agar dapat membranding produknya kepada konsumen secara langsung dan memberikan kesempatan untuk promosi, pada 24 November 2022 di area Kampus Undip Batang.
"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat membantu warga sekitar agar usahanya bisa berkembang bahkan menjadi lebih besar lagi,” tutur Dosen Program Studi D3 Hubungan Masyarakat, Irawati Sri Wulandari S.I.Kom., M.I.Kom, sekaligus pemateri pada pelatihan Branding UMKM.
Senada, Dr. Drs Retno Dwi Irianto, MM selaku dosen senior PSDKU Undip Batang memberikan apresiasi atas terlaksananya Pelatihan Branding Produk UMKM.
“Sebagai mantan birokrat lebih dari 30 tahun, saya memahami kondisi Batang ini secara detail. Pelatihan branding ini dapat menjadi sarana untuk membingkai usaha mas dan mbak secara lebih professional,” ungkapnya saat memberikan sambutan pengarahan mewakili Ketua Lembaga Pengelola Program Studi Diluar Kampus Utama (LPPSDKU), Dr. Redyanto Noor, M.Hum.
Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto
Artikel Terkait