Rektor Universitas Naples l'Orientale Kunjungi Undip, Bahas Studi Islam di Italia

Taufik Budi
Rektor Universitas Naples l'Orientale Kunjungi Undip, Bahas Studi Islam di Italia. Prof. Dr. Roberto Tottoli, Rektor Universitas Naples l'Orientale, Italia (kemeja biru). (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Prof. Dr. Roberto Tottoli, Rektor Universitas Naples l'Orientale, Italia, memberikan kuliah umum di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip), Jumat (5/7/2024). Kuliah umum bertajuk "Islam and Middle East Studies in Europe: Historical and Contemporary Overview".

Acara yang berlangsung di Ruang Sidang Senat Fisip Undip itu dibuka oleh Wakil Rektor 4 Undip Dr. Wijayanto dan Dekan Fisip Undip, Dr. Drs. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin., dan dihadiri oleh dosen, mahasiswa, serta sejumlah undangan. Dalam sambutannya, Dr. Teguh Yuwono menekankan pentingnya pemahaman mengenai studi Islam dan Timur Tengah di Eropa, baik dari perspektif historis maupun kontemporer.

Prof. Dr. Roberto Tottoli, sebagai narasumber utama, memaparkan berbagai aspek tentang studi Islam dan Timur Tengah berkembang di Eropa, mulai dari masa lalu hingga kondisi terkini. Dia menjelaskan tentang berbagai pendekatan yang digunakan oleh akademisi Eropa dalam mengkaji Islam dan Timur Tengah, serta tantangan dan peluang yang dihadapi dalam konteks studi tersebut.

Dalam sesi tanya jawab, Prof. Tottoli menjawab berbagai pertanyaan mahasiswa tentang kebebasan beragama di Italia, terutama bagi mahasiswa Muslim asal Semarang yang berencana melanjutkan pendidikan di Italia. Menurutnya, kebebasan beragama di Italia cukup terjamin, baik bagi pendatang baru maupun yang sudah lama menetap.

"Kita harus membedakan antara mereka yang baru datang dan yang sudah lama tinggal di Italia. Mereka sebenarnya tidak ada masalah karena cukup bisa membaur atau berintegrasi dengan baik," jelas Prof. Tottoli.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network