Kolaborasi UNDIP-ILO: Adaptasi Pengajaran dan Penguatan Sektor Pesisir

Taufik Budi
Kolaborasi UNDIP-ILO: Adaptasi Pengajaran dan Penguatan Sektor Pesisir (Taufik Budi)

Selain masalah ekonomi, kawasan pesisir juga menghadapi tantangan besar dari sisi lingkungan. Menurut Jaka, kenaikan permukaan laut, cuaca ekstrem, dan degradasi ekosistem menjadi ancaman nyata bagi industri perikanan dan pariwisata.

"Ketika lingkungan rusak, industri utama pesisir seperti perikanan juga terkena dampaknya. Hal ini berujung pada berkurangnya sumber daya alam dan hilangnya mata pencaharian bagi banyak nelayan," tegasnya.

Peningkatan Keterampilan Nelayan

Sebagai bagian dari program pengembangan ekonomi pesisir, balai diklat memberikan pelatihan khusus untuk budidaya ikan, terutama ikan bandeng. Pelatihan ini bertujuan agar nelayan dapat mengelola budidaya secara lebih efisien dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas serta pendapatan mereka.

Namun, tantangan lain muncul dalam upaya meningkatkan keterampilan nelayan. Jaka menekankan pentingnya pengembangan proposal yang jelas untuk meningkatkan kualitas sektor perikanan.

"Nelayan perlu memiliki rencana konkret untuk mengembangkan sektor perikanan, termasuk pelatihan calon pekerja agar dapat bekerja di kapal asing secara legal," jelasnya.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network