Kolaborasi UNDIP-ILO: Adaptasi Pengajaran dan Penguatan Sektor Pesisir

Taufik Budi
Kolaborasi UNDIP-ILO: Adaptasi Pengajaran dan Penguatan Sektor Pesisir (Taufik Budi)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id – Universitas Diponegoro (UNDIP) bekerja sama dengan International Labour Organization (ILO) menyelenggarakan program Training of Trainer (ToT) bertajuk "Adaptasi Pengajaran untuk Mahasiswa Universitas" di Kota Semarang, pada Jumat-Sabtu (6-7/9/2024). Kegiatan ini melibatkan dosen dari berbagai perguruan tinggi di wilayah pesisir Pantai Utara (Pantura), termasuk Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Pekalongan, Universitas Safin Pati, dan Universitas Peradaban Brebes.

Program ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan kompetensi dosen dalam mengadaptasi metode pengajaran yang relevan dengan tantangan ekonomi pesisir, sekaligus mengedukasi mahasiswa tentang isu-isu yang dihadapi nelayan dan masyarakat pesisir. Selain fokus pada pengembangan kapasitas pendidikan, ToT ini juga bertujuan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan melalui sektor ekonomi yang lebih stabil dan berorientasi ekspor.

Muhammad Nur, National Project Coordinator 8.7 Accelerator Lab Program dari ILO, menekankan bahwa pendidikan memiliki peran penting dalam mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi nelayan di kawasan pesisir.

"Melalui ToT ini, dosen-dosen dari perguruan tinggi di wilayah pesisir akan memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang kondisi nelayan dan tantangan yang mereka hadapi, seperti kerentanan ekonomi dan lingkungan," jelas Nur.

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network