OJK Dorong Akses Kredit untuk Pembiayaan Pertanian di Lumbung Pangan Nasional

Taufik Budi
OJK Dorong Akses Kredit untuk Pembiayaan Pertanian di Lumbung Pangan Nasional (Ist)

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Tengah bersama seluruh pemangku kepentingan terus berupaya mendorong akses pembiayaan untuk sektor pertanian. Tujuan dari upaya ini adalah untuk mewujudkan pertanian berkelanjutan yang membawa manfaat bagi kesejahteraan petani dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

“Akses keuangan merupakan satu bagian dari ekosistem pengembangan sektor pertanian yang harus disinergikan dengan aspek lain seperti akses bibit, pupuk maupun insektisida, mekanisasi pertanian, pengolahan dan pemasaran produk pertanian,” kata Sumarjono dalam sambutannya pada pembukaan “Grobogan Agro Expo (GAE) VII Tahun 2024” di Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Kamis (4/7/2024).

Sumarjono menekankan pentingnya akses keuangan sebagai bagian integral dari ekosistem pengembangan sektor pertanian. Dengan sinergi yang baik, diharapkan sektor pertanian dapat berkembang lebih optimal.

Selain itu, Sumarjono juga mendorong Industri Jasa Keuangan (IJK) yang ada di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Grobogan, untuk menyediakan akses kredit atau pembiayaan kepada sektor pertanian melalui koperasi tani maupun gabungan kelompok tani. Penyediaan akses pembiayaan ini harus didahului dengan analisis dan pertimbangan yang memadai sehingga dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak, baik petani maupun lembaga keuangan.

Dalam acara yang dihadiri oleh Bupati Grobogan, Sri Sumarni, dilakukan penandatanganan kerja sama antara Industri Jasa Keuangan, seperti PT BPR BKK Purwodadi dan Jamkrida, dengan Kelompok Tani/Gapoktan/Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dalam penyediaan akses keuangan, baik kredit, simpanan, maupun penjaminan. Kerja sama ini bertujuan untuk membentuk ekosistem keuangan yang dapat mengatasi permasalahan di sektor pertanian, khususnya permodalan.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas, kesejahteraan petani, efisiensi rantai pasok, dan mewujudkan pertanian berkelanjutan. Dengan adanya akses keuangan yang lebih baik, petani dapat meningkatkan hasil pertanian mereka, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Kabupaten Grobogan dipilih menjadi pilot project pelaksanaan program unggulan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Jawa Tengah. Program ini mengembangkan skema akses keuangan di sektor pertanian dengan harapan dapat diterapkan di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Grobogan dipilih karena memiliki luas lahan terbesar kedua secara nasional dan merupakan lumbung pangan nasional.

 

Editor : M Taufik Budi Nurcahyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network